KoinWorks Jadi Portofolio Pertama Quona Capital di Indonesia

KoinWorks hingga saat ini telah menyalurkan lebih dari 100.000 pinjaman melalui platformnya dengan total penyaluran dana mencapai US$70 Juta atau sekitar Rp981 miliar.
Syaiful Millah | 07 Januari 2019 13:49 WIB
Kerjasama Koinworks dan Bintaro - dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan rintisan penyedia platform pinjaman langsung tunai peer-to-peer lending (P2P), KoinWorks, mengumumkan pendanaan dari Quona Capital, perusahaan modal ventura internasional yang berfokus pada pelaku teknologi finansial.

Co-founder & Partner Quona Captital Ganesh Rengaswamy mengatakan, pendanaan yang diberikan untuk Koinworks merupakan investasi yang pertama kali dilakukan perusahaannya di Indonesia.

“Indonesia merupakan salah satu pasar fintech dan inklusi keuangan yang tumbuh paling cepat. Kami telah melakukan evaluasi terhadap peluang ini dan berkomitmen terhadap pasar negara [Indonesia] ini selama beberapa tahun ke depan,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (07/01).

CEO & Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono mengatakan, pihaknya memiliki visi yang sama dengan Quona Capital yang berfokus pada inklusi keuangan dan memecahkan masalah bagi masyarakat yang kekurangan dana dan belum terlayani.

Di Indonesia sendiri, sebanyak 33% dari total penduduk belum memiliki rekening bank. Selain itu, baru 26% dari total populasi masyarakat Indonesia yang dilayani dengan baik oleh lembaga keuangan Kekosongan tersebut yang menjadi peluang pasar bagi Koinworks dan Quona.

KoinWorks yang telah terdaftar di Otorita Jasa Keuangan (OJK) Indonesia hingga saat ini telah menyalurkan lebih dari 100.000 pinjaman melalui platformnya dengan total penyaluran dana mencapai US$70 Juta atau sekitar Rp981 miliar dengan mempertahankan kredit macet di bawah 0,5%.

Chairman & Co-founder Koinworks Willy Arifin mengatakan kolaborasi dengan Quona diharapkan mempercepat pertumbuhan bisnis Koinworks dan memperkuat misi perusahaanya untuk menjadi pemberi pinjaman yang bertanggung jawab.

“Pengalaman mereka dalam membimbing banyak perusahaan fintech untuk menjadi pemmpin pasar yang dominan di serluruh dunia, sambil menjaga tanggung jawab sosial, akan sangat berharga bagi KoinWorks,” katanya.

Pada pertengahan tahun lalu, KoinWorks memperoleh pendanaan Seri A senilai Rp230 miliar dari konsorsium yang dipimpin oleh Mandiri Capital Indonesia. Dana tersebut digunakan KoinWorks untuk mengembangkan inovasi teknologi di setiap produk finansialnya. 

Tag : fintech
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top