Trafik Chatting di Jaringan XL Melonjak 6 Kali Lipat pada Libur Akhir Tahun

Syaiful Millah
Kamis, 3 Januari 2019 | 12:36 WIB
Teknisi PT XL Axiata Tbk melakukan perawatan jaringan di menara Base Transceiver Station (BTS) di Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018)./JIBI-Rachman
Teknisi PT XL Axiata Tbk melakukan perawatan jaringan di menara Base Transceiver Station (BTS) di Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018)./JIBI-Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan data hingga 83% pada libur panjang akhir tahun dibandingkan dengan trafik pada hari normal.

Kenaikan trafik tertinggi yang tercatat XL terjadi pada 23 Desember sebesar 40% dan pada 1 Januari sebesar 83% dibandingkan dengan hari biasa. Adapun jenis layanan yang mengalami kenaikan paling pesat adalah layanan pesan instan yang meningkat hingga 540%.

Sebelumnya, dalam mempersiapkan kesiapan jaringan pada libur akhir tahun, XL telah meningkatkan kapasitas jaringan pada 1.500 situs yang menaungi daerah rawan lonjakan trafik seperti jalur utama transportasi darat menuju kota tujuan liburan dan lokasi wisata. Selain itu, XL juga menempatkan seumlah BTS mobile di berbagai wilayah.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang akhir akhir terlihat meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, hampir sama dengan saat libur Lebaran.

“[Libur tahun baru ini] jalan-jalan di Ibukota menjadi lengang, sementara itu jalan menuju luar kota menjadi padat. Melalui sistem monitoring jaringan, kami melihat tingkat perpindahan pelanggan juga cukup tinggi. Trafik penggunaan layanan di banyak area di luar Jakarta meningkat signifikan,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (3/1/2019).

Adapun, wilayah yang mengalami kenaikan trafik tertingi adalah Kabupaten Buleleng, Bali sebesar 211%, Kabupaten Deli Serdang sebesar 140%, dan Kota Medan sebesar 115%.

Selama natal pada 24—25 Desember 2018, trafik di wilayah dengan banyak komunitas nasrani juga mengalami peningkatan trafik misalnya Medan yang naik 35%, Manado 55%, dan Kupang 37%. Pada malam Natal, secara keseluruhan layanan yang menunjukkan kenaikan adalah SNS (social networking service) sebesar 12% dan gaming sebesar 122%.

Sementara, lokasi wisata popular dalam negeri juga menunjukkan peningkatan trafik yang signifikan. Trafik di Pangandaran naik 90%, Bali 87%, Lombok 80%, Danau Toba 310%, dan Labuan Bajo 165%.

Hingga saat ini, jumlah pelanggan XL mencapai 53,9 juta pelanggan. Adapun,infrastruktur jaringan sebanyak lebih dari 116.000 BTS termasuk lebih dari 78.000 BTS data (3G & 4G) di berbagai wilayah dan jaringan serat optik sepanjang lebih dari 45 ribu km. Saat ini jangkauan layanan data (3G & 4G) XL Axiata juga telah melayani lebih dari 422 kota/kabupaten di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper