Gojek Ajak Warga Aceh Beralih ke Nontunai

Dhiany Nadya Utami
Jumat, 28 Desember 2018 | 08:21 WIB
Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Aceh Amiruddin (kiri) mewakili Pemprov Aceh usai menandatangani MoU kerja sama dengan Go-Pay
Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Aceh Amiruddin (kiri) mewakili Pemprov Aceh usai menandatangani MoU kerja sama dengan Go-Pay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Go-Pay memperkenalkan metode pembayaran non-tunai lewat pemindaian kode QR untuk pembayaran tiket masuk ke Museum Tsunami, Banda Aceh.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pengaplikasian metode pembayaran elektronik ini dilakukan bertepatan dengan peringatan 14 tahun bencana tsunami yang dilaksanakan di Museum Tsunami, Banda Aceh, hari ini.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Aceh Amiruddin menandatangani MoU mewakili Pemprov Aceh.

 Arno Tse, Head of Sales GO-PAY memaparkan pemanfaatan pembayaran elektronik Go-Pay tidak hanya mempermudah konsumen, tetapi juga lebih transparan. 

“Tidak hanya itu, pembayaran nontunai terutama yang terkait aktivitas sehari-hari merupakan langkah pertama untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan jasa keuangan,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (27/12/2018).

Arno mengatakan kolaborasi strategis antara Go-Pay dan Pemerintah Provinsi Aceh dapat mengakselerasi pertumbuhan Aceh. Jika masyarakat terbiasa memanfaatkan pembayaran nontunai yang transparan dan mudah, Pemprov Aceh dapat dengan mudah memperkenalkan inovasi digital lain yang dapat meningkatkan pelayanan publik.

“Pembayaran elektronik di Museum Tsunami Aceh ini merupakan pilot project kami di Bumi Serambi Makkah,” ujar Arno. 

Dia menambahkan, Go-Pay telah melakukan beberapa kerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah, termasuk Pemkot Semarang dan Polres di beberapa kota untuk meningkatkan kualitas layanan publik. Saat ini, Go-Pay sudah dapat diterima di lebih dari 200.000 rekan usaha di berbagai kota di Indonesia.

Amiruddin menyatakan bahwa Pemerintah Aceh optimistis dengan penggunaan sistem pembayaran nontunai sebagai salah satu sistem pembayaran.

“Pada 2019, pemerintah Aceh tidak lagi menggunakan uang tunai dan sudah beralih ke metode pembayaran nontunai seperti misalnya untuk penggajian pegawai dan pembayaran vendor,” ujarnya.

Para pengunjung museum yang ingin membayar tiket masuk menggunakan Go-Pay cuma butuh beberapa langkah mudah. Cukup dengan pemindaian kode QR yang tersedia di loket menggunakan aplikasi Gojek. Go-Pay juga memberikan promosi berupa cashback sebesar 20% bagi para pengunjung yang membayar menggunakan Go-Pay.

Mereka yang mengunjungi Museum Tsunami Aceh juga dapat menikmati kemudahan mengisi (top up) saldo Go-Pay di booth Go-Pay yang terletak di dekat loket museum selama sebulan ke depan. Disediakan merchandise menarik untuk setiap transaksi top up Go-Pay dengan jumlah tertentu.

Selain memperkenalkan Go-Pay sebagai metode pembayaran elektronik di Museum Tsunami Aceh, Gojek, penyedia layanan on-demand terdepan di Indonesia juga mendukung peringatan 14 Tahun Tsunami Aceh yang mengusung tema “Bangun Bersama, Siaga Utama”, di kawasan Masjid Tgk Chik Mahraja Gurah, Kec. Peukan Bada, Banda Aceh.

Acara ini dihadiri langsung oleh Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan jajaran Muspida Aceh. Selain itu Ustad Abdul Somad turut hadir memberikan ceramah sebagai bagian dari refleksi bangsa terhadap bencana tsunami yang terjadi 14 tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper