Gorry Holdings Raih Funding dari Singapura

N. Nuriman Jayabuana
Kamis, 27 Desember 2018 | 08:01 WIB
Salah satu menu makanan sehat yang disediakan layanan katering makanan sehat Gorry Gourmet/Gorry Gourmet
Salah satu menu makanan sehat yang disediakan layanan katering makanan sehat Gorry Gourmet/Gorry Gourmet
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan rintisan teknologi kesehatan Gorry Holdings mengumumkan telah meraih kucuran pendanaan dari private equity Singapura, Heritas Capital Management.

Kucuran dana yang nominalnya tidak disebutkan itu bakal dipergunakan perusahaan untuk mengoptimalkan penyediaan solusi nutrisi dan kesehatan berbasis big data.

Induk usaha dari Helopt, GorryWell, dan Gorry Gourmet tersebut berencana mengintegrasikan layanan dan data kesehatan yang terkumpul agar konsumen dapat menjalani pola hidup yang sehat melalui teknologi. 

Helopt merupakan aplikasi yang merekam beragam data catatan medis pengguna seperti daftar obat yang dikonsumsi, dan hasil pemeriksaan kesehatan.

Data tersebut kemudian diproses aplikasi nutrisi berbasis data GorryWell untuk memberikan  rekomendasi yang tepat kepada pengguna. Rekomendasi itu meliputi daftar pilihan makanan dan banyaknya asupan gizi yang disarankan berdasarkan biometrik kesehatan pengguna.

Di sisi lain, Gorry Gourmet merupakan salah satu merek makanan sehat yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Co-Founder sekaligus CEO Gorry Holdings William Susilo mengungkapkan bakal menggunakan pendanaan yang diraih untuk merambah ranah teknologi kesehatan berbasis artificial Intelligence, wellness program, dan pengembangan komunitas.

"Gorry Holdings telah mengembangkan kemitraan strategis dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti dengan pemerintah, klinik, rumah sakit, sekolah, perusahaan asuransi dan perusahaan. Di samping itu, salah satu agenda kami adalah menciptakan komunitas kesehatan yang solid," ujarnya melalui keterangan resmi (26/12).

Gorry Holdings memastikan kerahasiaan data yang tersimpan di dalam setiap akun pengguna. Perusahaan menjamin pengelolaan data riwayat medis di dalam platform sekadar digunakan sebagai acuan dasar untuk mencegah potensi penyakit kronis di masa mendatang.

Perusahaan akan menggulirkan program bernama Student Wellness Program, Employee Wellness Program, dan GorryWell League untuk meningkatkan literasi tentang gizi kepada masyarakat Indonesia.

Hal itu disebut dapat membantu pemerintah dalam menyukseskan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.  Student Wellness Program secara khusus menyasar pelajar, orangtua, dan pendidik dalam edukasi nutrisi.

Sedangkan Employee Wellness Program dan GorryWell League merupakan inisiatif yang dirancang untuk pendampingan kesehatan bagi kalangan profesional. Melalui program itu, korporasi dapat memperlengkap fasilitas penjagaan kesehatan untuk jajaran eksekutif, manajemen, sampai karyawan dengan program kesehatan yang holistik.

Gorry Holdings merupakan porofolio investasi Heritas Capital Management yang kedua di bidang teknologi solusi kesehatan. Sebelumnya private equity tersebut juga memimpin putaran pendanaan pra seri A yang digulirkan Alchemy Food Tech.

Di Indonesia, perusahaan rintisan teknologi kesehatan terus berkembang dalam beberapa tahun belakangan. Beberapa pemain teknologi kesehatan seperti Halodoc dan Alodok tertercatat berhasil meraup pendanaan seri B dalam setahun terakhir.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebelumnya memprediksi bidang teknologi kesehatan memiliki potensi pasar yang sangat besar pada masa mendatang. Terlebih, negara berkomitmen mengalokasikan sebanyak 5% anggaran belanja pemerintah setiap tahun untuk sektor kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper