Peningkatan Unduhan Aplikasi Pacu Pengeluaran Konsumen

Syaiful Millah
Rabu, 26 Desember 2018 | 00:16 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penetrasi pengguna ponsel pintar di seluruh dunia yang semakin tinggi, mendorong peningkatan unduhan aplikasi secara umum naik pada 2018.

Berdasarkan laporan dari firma riset App Annie, diperkirakan jumlah unduhan aplikasi global pada platform iOS dan Google Play mencapai 113 miliar hingga Desember 2018, meningkat 10% dari tahun sebelumnya.  

Dalam laporan yang sama disebutkan bahwa pengeluaran konsumen dalam aplikasi diperkirakan tumbuh lebih dari 20% secara tahunan pada 2018, dengan total belanja mencapai US$76 miliar atau sekitar Rp1.106 triliun secara global.

Peningkatan jumlah pengeluaran konsumen yang signifikan tersebut dikarenakan dua faktor. Pertama, dorongan oleh belanja di segmen gim mobile yang naik dan pendapatan dari langganan dalam aplikasi non gim.

Beberapa gim dengan pengeluaran konsumen paling banyak yaitu Fate/Grand Order, Honour of Kings, dan Monster Strike. Sedangkan, dari segi aplikasi ada Netflix, Tinder, dan Tencent Video.

Kedua, porsi waktu konsumen yang lebih banyak dihabiskan kepada ponsel dengan rerata pengguna menghabiskan waktu 3 jam, “Kami melihat kembali bagaimana mobile terus mengubah dunia kita, baik untuk konsumen maupun bisnis,” kata Lexi Sydow, peneliti di App Annie.

Laporan tersebut juga memerinci aplikasi global yang paling banyak diunduh sepanjang 2018 di dua platform penyedia aplikasi Apple Store dan Google Play Store, yaitu Facebook Messenger, Facebook, Whatsapp Messenger, Tik Tok, dan Instagram.

Sementara, gim yang paling sering diunduh selama 2018, adalah Helix Jump, Subway Surfers, PUBG Mobile, Free Fire, dan Love Balls.

Analis App Annie memprediksi di tahun mendatang, akan semakin banyak aplikasi yang diunduh di berbagai platform dan pengeluaran konsumen terhadap aplikasi dan gim mobile juga akan terus naik. Hal ini didorong oleh pertumbuhan jumlah pengguna dan inovasi kemampuan yang dapat diberikan ponsel pintar kepada penggunanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper