XL Tingkatkan Kapasitas Jaringan di 1.500 Lokasi

PT XL Axiata, Tbk meningkatkan kapasitas jaringan di 1.500 lokasi untuk mengantisipasi kenaikan trafik data selama masa liburan Natal dan tahun baru. 
Duwi Setiya Ariyanti | 22 Desember 2018 11:17 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--PT XL Axiata, Tbk meningkatkan kapasitas jaringan di 1.500 lokasi untuk mengantisipasi kenaikan trafik data selama masa liburan Natal dan tahun baru.

Dalam keterangan resminya, Jumat (21/12/2018), Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan lokasi-lokasi yang menjadi tujuan penguatan jaringan yakni lokasi wisata dan akses utama perhubungan. Lokasi-lokasi tersebut di antaranya di pusat Kota Bandung, jalur tol Trans Jawa dan Pangandaran. Selain penguatan jaringan, pihaknya pun menyediakan beberapa base transceiver station (BTS) berjalan. 

Lebih spesifik, penguatan sinyal telah mencakup 98% jalur tol Trans Jawa. Mengacu pada tren pada tahun sebelumnya, trafik data akan naik sekira 15% hingga 20%. Sementara itu, untuk layanan SMS naik 4% dibandingkan hari biasa. Namun, pada layanan telepon syara, justru cenderung stabil. 

"Antusiasme masyarakat untuk berlibur kali ini sepertinya sangat besar, sehingga kami tentu harus mempersiapkan jaringan sebaik mungkin untuk kenyamanan masyarakat/pelanggan. Tim teknis kami di lapangan maupun dari fasilitas monitoring di XL Axiata Tower akan terus bersiaga, memantau dinamika trafik di semua lokasi layanan kami, termasuk di luar Jawa," ujarnya. 

Kenaikan trafik data selama masa liburan, katanya, akan terlihat pada beberapa aplikasi seperti Whatsapp, Instagram dan Line juga layanan streaming konten berbasis video. 

Selain itu, layanan penunjuk arah dan peta, seperti Waze dan Google Map akan banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mencari jalur karena pergerakan pelanggan ke lokasi-lokasi wisata.

Adapun, tahun lalu, akses ke media sosial naik sebesar 15%, dan aksesnya naik 60% pada malam pergantian tahun. Sementara itu, akses ke aplikasi Whatsapp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70% pada malam pergantian tahun. Oleh karena itu, pihaknya memperkuat jaringan agar layanan kepada pelanggan berjalan lancar.

"Kapasitas jaringan yang tersedia di hari biasa sudah cukup besar dan akan bisa mengatasi potensi kenaikan trafik yang akan terjadi," katanya. 

Tag : xl axiata
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top