GEMPA PALU-DONGGALA: Facebook Aktifkan ‘Safety Check’

Newswire
Sabtu, 29 September 2018 | 16:47 WIB
Logo Facebook dalam 3 dimensi/Reuters
Logo Facebook dalam 3 dimensi/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Facebook mengaktifkan layanan Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan pascabencana gempa bumi yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) sore.

Layanan ini sangat membantu bagi pengguna untuk mencari tahu informasi kondisi terkini kerabat yang terkoneksi akun Facebook ketika berada di lokasi bencana dengan cepat.

Cara kerja layanan ini, ketika Facebook mendeteksi bencana alam di suatu area, lalu Facebook akan mengaktifkan fitur tersebut di beranda akun pengguna.

Pengguna Facebook diberikan dua opsi pilihan, pertama pengguna bisa mengonfirmasi keselamatannya. Opsi kedua adalah pengguna bisa menjawab tidak sedang berada di area bencana.

"Kami harap masyarakat di sekitar area bencana dapat merasa terbantu dengan adanya fitur ini untuk memberitahukan kerabat dan keluarga mereka bahwa mereka berada dalam keadaan selamat," ujar Facebook dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Sabtu (29/9/2018).

Bagi pengguna yang hendak memastikan keselamatan kerabat di area bencana tinggal membuka laman "Penanggulangan Krisis" di Facebook.

Setelah dibuka, nanti akan muncul di feed terkait berita dari media, foto, video, hingga postingan terkait bencana, serta informasi soal kerabat pengguna Facebook yang terkena dampak pada bencana.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 250 permintaan bantuan yang masuk melalui Community Help.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper