Pemerintah Siap Beli Peranti Autentikasi IMEI

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 20 September 2018 | 16:09 WIB
Komponen di dalam Samsung Galaxy S9/Samsung.com
Komponen di dalam Samsung Galaxy S9/Samsung.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah siap mengambil alih pengadaan peranti autentikasi kode unik ponsel (IMEI) dari operator seluler.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian, Achmad Rodjih Almanshoer mengatakan pengadaan peranti autentikasi yakni equipment identity register (EIR) akan dilakukan pemerintah melalui inisiatif Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sebelumnya, memang berkembang opsi untuk melimpahkan pengadaan peranti tersebut kepada operator seluler. Namun, pemerintah menganggap pengadaan tersebut dilakukan pemerintah karena ada pertimbangan biaya yang harus dikeluarkan operator seluler.

"Demi programnya pemerintah juga. Kami mau mengajukan bersama-sama Kemenkominfo dan Kemendag," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (19/9/2018). 

Untuk pembentukan basis data IMEI, saat ini, dia menuturkan tengah dalam proses penyusunan. Pasalnya, pihaknya menanti data IMEI yang dikeluarkan Global System for Mobile Communications Association (GSMA).

"Kami tinggal menunggu [data] IMEI yang asli dari GSMA."

Dari data yang diperoleh Bisnis, pabrikan, distributor dan importir ponsel harus melakukan sertifikasi perangkat dan verifikasi.

 Adapun, peranti EIR nantinya akan terhubung dengan basis data IMEI nasional di Kementerian Perindustrian untuk mencocokkan data IMEI dengan peranti yang terdeteksi di jaringan.

 Dengan pencocokkan data tersebut nantinya bisa diperoleh informasi bahwa pengguna tertentu menggunakan peranti yang terdaftar atau tidak.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper