BlackBerry Meluncurkan EOT Platform Terbaru BlackBerry Spark

BlackBerry Limited meluncurkan BlackBerry Spark yang merupakan satu-satunya platform Enterprise of Things yang dirancang dan dibangun untuk hiperkonektifitas dengan tingkat keamanan sangat tinggi dari bagian kernel hingga ke edge.
Mia Chitra Dinisari | 19 September 2018 13:57 WIB
Blackberry - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - BlackBerry Limited meluncurkan BlackBerry Spark yang merupakan satu-satunya platform Enterprise of Things yang dirancang dan dibangun untuk hiperkonektifitas dengan tingkat keamanan sangat tinggi dari bagian kernel hingga ke edge.

Hyperconnectivity -yang berarti suatu keadaan dimana manusia, organisasi, dan mesin saling terkoneksi- akan mengubah cara bekerja dan gaya hidup manusia.

Platform terbaru BlackBerry diklaim memiliki beragam keuntungan bagi pemakainya.

OEM (Original Equipment Manufacturer / Produsen Peralatan Asli)

Program ini untuk memproduksi ‘things’ yang rumit, seperti kendaraan autonomous dan peralatan industri yang harus memenuhi tingkatan paling tinggi dari sertifikasi keselamatan dan keamanan, sekaligus juga memiliki interface yang ramah konsumen hingga memiliki kemampuan untuk melakukan proses yang rumit serta mengontrol kecerdasan buatan (AI), seperti speaker yang diaktifkan menggunakan suara manusia yang dilengkapi perlindungan privasi, yang telah didesain sejak semula.

Perusahaan memperluas penggunaan AI dan mengelola berbagai perangkat cerdas yang menggunakan sistem operasi apapun (Android, iOS, Linux, QNX, ataupun Windows) melalui sebuah panel kaca tunggal, serta yang telah dipasangkan dengan platform yang sudah tersedia seperti Android Things, AWS , Azure, dan Watson.

Konsumen menggunakan dan yakin terhadap perangkat yang hyperconnected serta fitur-fitur barunya dengan cara menjadikan tingkat keamanan yang sekelas militer lebih mudah untuk digunakan. Selain itu, seiring dengan perkembangan dunia ketenagakerjaan, BlackBerry Spark juga memungkinkan end-user untuk berpindah dengan lancar dan aman antara akun pribadi dan akun kerja mereka secara fleksibel.

BlackBerry Spark merupakan satu-satunya platform yang dirancang untuk keamanan ultra dan sertifikasi keamanan industri tertentu, seperti ISO 26262 di dunia otomotif. Sebagai platform yang terbuka dan dapat dikembangkan, BlackBerry Spark siap dipasangkan dengan perangkat IoT dan solusi berbasis teknologi lainnya dari mitra BlackBerry seperti AWS, Baidu, Google, Microsoft, NVIDIA, Qualcomm, dan Samsung.

Kemudahan Menciptakan Ide Baru

Pelanggan BlackBerry Spark akan dapat menciptakan fitur-fitur baru yang memanfaatkan hyperconnectivity. Di bawah ini adalah beberapa contoh awal bagaimana pelanggan BlackBerry dapat memanfaatkan EoT dalam sebuah organisasi.

Dalam sebuah rumah sakit, detak jantung pasien yang melambat dapat memicu alarm peringatan kepada tim medis yang terkait dan secara bersamaan juga mempersiapkan ruangan perawatan darurat untuk pasien tersebut.

Termasuk juga, sistem secara otomatis menaikkan tempat tidur pasien, memulai ventilator atau pompa infus untuk memberikan perawatan yang sesuai kepada pasien, dan mengantarkan lift ke lantai di mana para tenaga medis yang terkait berada sehingga memudahkan pergerakan mereka.

Dalam waktu dekat, karyawan akan dapat memanfaatkan asisten virtual seperti Alexa. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan akses ultra aman sehingga asisten virtual tersebut dapat mengakses informasi dan alur kerja yang tidak dapat dilakukan sebelumnya seperti file karyawan, kalender, dan email.

Dalam hal transportasi, BlackBerry Spark memungkinkan berbagai kendaraan yang telah terhubung untuk berkomunikasi secara real-time dengan kendaraan lainnya dan juga infrastruktur penting karena data yang ditransfer ke dalam dan ke luar kendaraan telah dienkripsi dan disertifikasi oleh BlackBerry Spark.

Sebagai contoh, setelah menerima notifikasi dari salah satu kendaraan yang sudah terkoneksi, sebuah truk pengangkut garam dapat secara otomatis dikirim untuk mengatasi masalah es di permukaan jalan.

"Ponsel cerdas BlackBerry memicu revolusi pertama dari perangkat mobile yang kemudian mengubah cara hidup dan cara bekerja kebanyakan manusia di seluruh dunia," ujar John Chen, Executive Chairman and CEO, BlackBerry. “Dengan menggabungkan hyperconnectivity dengan keamanan ultra dan privasi, BlackBerry Spark merupakan komponen yang sangat diperlukan untuk memicu perubahan paradigma menuju ‘things-first’ yang dapat mengubah kehidupan masyarakat secara signifikan.

Hasil akhir dari perpaduan yang tak terelakkan antara tingkat mobilitas yang semakin tinggi dan daya komputasi ini pada gilirannya akan memengaruhi keputusan-keputusan yang kita buat yang terkait cybersecurity selama beberapa tahun ke depan.”

"CCS Insight telah lama memperkirakan akan terjadinya perpaduan antara mobilitas, komputasi end-user, dan benda-benda yang terhubung dengan internet di dalam berbagai bisnis seiring dengan teknologi komputasi yang semakin menjamur dan saling terintegrasi di seluruh bidang pekerjaan dan kehidupan pribadi manusia," kata Nicholas McQuire, Vice President of Enterprise Research, CCS Insight.

“Berbagai perusahaan dan institusi sedang berjuang dengan kompleksitas yang luar biasa dari dunia teknologi informasi, termasuk kemampuan memadukan berbagai fitur/pengalaman baru untuk karyawan dengan keamanan modern dalam rangka melindungi data perusahaan pada seluruh teknologi seperti AI, IoT, dan perangkat mobilitas.

BlackBerry Spark merupakan sebuah langkah yang tegas namun diperlukan dalam membantu mereka menjembatani semua hal tersebut, menciptakan berbagai fitur/pengalaman baru yang saling terhubung sambil tetap menyederhanakan dan meningkatkan keamanan dari hulu ke hilir.”

"Dunia IoT yang berkembang pesat juga memiliki risiko tersendiri karena setiap perangkat yang terhubungberpotensi menjadi titik akses yang dapat dimanfaatkan oleh hacker yang ingin menembus jaringan sistem untuk merusak ataupun mencuri data pribadi," kata Rob Enderle, analis utama di Enderle Group.

“BlackBerry merupakan penyedia solusi keamanan perangkat terhubung yang tepat untuk menangani masalah ini, menilai dari besarnya fokus mereka dalam hal mengamankan berbagai perangkat yang saling terkoneksi. Platform Spark dari BlackBerry, yang dirancang untuk mengamankan dan mengelola infrastruktur IoT, tampil unggul oleh karena fokus mereka dan kemampuannya untuk mengelola berbagai perangkat yang saling terhubung di skala perusahaan dan pemerintahan.”

Privasi, Kepatuhan Regulasi, dan Tingkat Keamanan yang Tak Tertandingi

BlackBerry telah sejak dahulu berkomitmen penuh dan berpegang teguh pada prinsip untuk tidak pernah mengkomersilkan data pelanggan dan senantiasa melindungi privasi pelanggan sesuai dengan hukum yang berlaku. BlackBerry meyakini bahwa keamanan dan privasi sangat penting agar manusia dan mesin dapat memercayai apa yang dilaporkan oleh sensor-sensor dan berbagai end-point lainnya. Pola pikir ini telah menjadikan BlackBerry sebagai penyedia perangkat lunak dan layanan keamanan yang dipercaya oleh sepuluh bank global terbesar dan seluruh anggota negara-negara G7, serta lebih dari 60 OEM otomotif dan berbagai perusahaan Tier 1 yang telah membenamkan perangkat lunak BlackBerry di lebih dari 120 juta mobil di jalanan saat ini.

BlackBerry Spark meningkatkan keragaman portofolio teknologi BlackBerry yang telah memperoleh lebih dari 80 sertifikasi, jauh lebih banyak dibandingkan dengan vendor IoT lainnya. Sertifikasi BlackBerry Spark mencakup FIPS-validated, app-level, AES 256-bit encryption untuk memastikan agar data tetap terproteksi pada perangkat, di seluruh jaringan seluler, dan ke dalam infrastruktur sebuah perusahaan.

BlackBerry Spark memungkinkan berbagai perusahaan untuk mematuhi persyaratan dari regulasi multinasional yang ketat. Bahkan, BlackBerry merupakan satu-satunya penyedia platform EoT yang mampu meraih Common Criteria EAL4+ baik untuk iOS dan Android.

Tag : blackberry
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top