Sony Luncurkan Prime Lens 400mm F2.8 G Master

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 25 Agustus 2018 | 17:21 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Sony memperkenalkan super-telephoto prime lens FE 400mm F2.8 GM OSS dengan apartur besar (modelSEL400F28GM).  

Hasil dari penelitian dan pengujian ekstensif, lensa Sony FE 400mm F2.8 GM OSS terbaru ini diklaim merupakan super-telephoto prime dengan apartur besar pertama di lini produk E-mount. Sehingga menghasilkan kualitas gambar brilian, dengan kecepatan fokus dan desain yang seimbang.

Mereka menyebutkan kamera ini merupakan pilihan ideal bagi fotografer profesional olahraga, margasatwa dan alam, dan pasangan sempurna untuk lini kamera Sony dengan E-mount berkecepatan tinggi seperti α9, α7R III dan lainnya.

Berat kamera disebutkan 2.897 gram, lensa FE 400mm F2.8 GM OSS keringanan lensa ini dapat dicapai melalui desain optikal yang inovatif yang menggabungkan tiga elemen florit, dengan pengurangan jumlah elemen di bagian depan barel, dan juga penggunaan liberal komponen campuran magnesium yang tahan lama.

Lensa ini juga disebutkan menghasilkan desain yang tidak berat di depan, mengurangi momen inersia yang melawan rotasi sebanyak 50% jika dibandingkan dengan SAL500F40G,  sehingga penggeseran lebih cepat dan tepat ketika mengambil gambar melalui handheld ataupun monopod. 

Berikut spesifikasinya:

Autofokus yang Cepat, Tepat

Lensa FE 400mm F2.8 GM OSS menggunakan dua XD (extreme dynamic) Linear Motors yang baru dikembangkan untuk menggerakkan grup fokus lensa, menghasilkan peningkatan performa pelacakan subjek yang bergerak hingga sebesar 5x lipat. 

Motor ini didukung oleh algoritme gerak yang dikembangkan secara khusus untuk meminimalisir lag dan instabilitas serta mengatur tingkat noise, menghasilkan performa autofokus cepat, akurat dan hening. Ini memungkinkan lensa untuk dapat menangkap dengan mudah momen dinamis, atlet atau margasatwa yang bergerak cepat.

Kualitas Gambar G Master dan Bokeh

Sebagai bagian dari lini produk lensa terbaik Sony, G Master, super-telephoto prime lens dengan apartur besar memiliki kualitas gambar dan detil dengan kontras dan resolusi yang dapat dilihat sampai di ujung gambar.

Desain optikal unik mencakup tiga elemen florit yang dapat membantu meminimalisir aberasi kromatik dan menekan kebocoran warna. Lensa juga telah dilapisi dengan lapisan Nano AR asli Sony untuk menjaga lensa dari refleksi, silau, atau ghostling yang tidak diinginkan.

Sebagai tambahan, lensa juga telah dilengkapi dengan fitur mekanisme apartur sirkular 11-bilah yang memungkinkan untuk menciptakan hasil yang sangat alami dan defokus latar belakang yang indah atau ‘bokeh’. Setiap lensa juga secara individual telah diuji dan disesuaikan pada tahap pembuatan untuk dapat menghasilkan kualitas gambar maksimal dan ‘bokeh’.

FE 400mm F2.8 GM OSS terbaru kompatibel dengan telekonverter Sony E-mount 1.4x dan 2.0x, menghasilkan performa gambar pada jarak fokal panjang dengan mempertahankan performa AF yang cepat dan tepat. 

Ketahanan, Keandalan dan Pengaturan

Untuk bisa bertahan pada kondisi keras pada acara olahraga dan fotografi margasatwa, Sony FE 400mm F2.8 GM OSS terbaru diciptakan dari campuran magnesium yang tahan lama dan penutup serat karbon yang ringan. Lensa juga tahan debu dan kelembapan, dan elemen depan telah dilapisi dengan florin untuk terhindar dari kotoran dan sidik jari.

Terdapat juga tombol ‘Full-Time DMF’ untuk dapat secara cepat menggunakan fokus manual, tombol fokus yang dapat diubah di empat lokasi yang berbeda pada barel lensa – menghadirkan akses mudah untuk mengakses Eye AF sebagai contoh, dan cincin fokus yang memiliki Linear Response MF untuk fokus manual yang responsif.

Lensa terbaru ini juga memiliki fitur stabilisasi optikal built-in untuk aksi olahraga dinamis dan tiga pengaturan ‘Mode’ berbeda, termasuk pengaturan Mode 3 terbaru dengan algoritme canggih yang memastikan pengambilan gambar menjadi lebih mudah ketika mengikuti subjek bergerak. Model terbaru termasuk fungsi cincin dengan pengaturan ‘Preset’ dan ‘Function’[8] yang dapat dipilih, sehingga menambah keleluasaan dalam memilih, yang pertama untuk lensa Sony.

FE 400mm F2.8 GM OSS telah memiliki slot filter kompatibel dengan ø 40.5mm ND dan tipe filter lainnya, seperti VF-DCPL1 Drop-in Circular Polarising Filter opsional. Filter VF-DCPL1 dapat dirotasi untuk menghasilkan polarisasi yang diinginkan ketika dipasang pada lensa.

Harga dan Ketersediaan

Dirancang sesuai pemesanan, FE 400mm F2.8 GM OSS terbaru akan tersedia untuk pemesanan indent di Indonesia dimulai pada bulan September 2018 dengan harga Rp185,399,000 berdasarkan ketersediaan stok.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper