Facebook Gelontorkan Rp1,5 Triliun Latih UMKM Indonesia

Dhiany Nadya Utami
Kamis, 23 Agustus 2018 | 08:27 WIB
Logo Facebook di kantor Facebook Indonesia/Bisnis-Dhiany Nadya Utami
Logo Facebook di kantor Facebook Indonesia/Bisnis-Dhiany Nadya Utami
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tak hanya menyediakan layanan iklan untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, Facebook turut memberdayakan mereka dengan menggelar beragam kelas dan pelatihan termasuk mengenai pemasaran digital.

Director of SMB, Southeast Asia Facebook Sarita Singh menyebut perusahaan berbasis di Amerika Serikat tersebut menginvestasikan sekitar US$ 1 juta atau hampir Rp1,5 triliun untuk program pelatihan bagi pelaku UMKM termasuk yang ada di Tanah Air.

Lebih lanjut, Head of Emerging Business and SMB Indonesia and Philippines Ferdy Nandes menjelaskan beberapa program Facebook terkait dengan UMKM misalnya pelatihan dan lokakarya seputar pemasaran digital, iklan Facebook, dan Blueprint.

“Di Facebook, kami menghargai pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah. Mereka adalah penggerak mesin perekonomian Indonesia dan juga denyut jantung komunitas kami,” katanya di Kantor Facebook di Jakarta baru-baru ini.

Dia menuturkan Facebook bekerja sama dengan delapan mitra edukasi untuk memberikan pelatihan di seluruh Indonesia kepada lebih dari 15.000 UMKM di lebih dari 20 kota di seluruh Indonesia secara offline dan online termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Jambi, Batam, Bandar Lampung, Samarinda, dan lain-lain.

Adapun berdasarkan laporan riset mengenai dampak penggunaan Facebook bagi UMKM yang dilakukan Facebook bersama firma survei dan riset pasar Morning Consult, menyebut bahwa 80% dari UKM di Facebook mengatakan mereka telah meningkatkan penjualan karena platform Facebook.

Laman-laman yang dibuat oleh para pelaku usaha kecil dan menengah menjadi peluang ekonomi bagi jutaan orang, memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya melalui produk dan layanan yang ditawarkan, dan seringkali menjadi sarana bagi pelakunya untuk berkumpul dan bersosialisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper