Inilah Tiga Aplikasi Chat Selain WhatsApp

Gombang Nan Cengka
Minggu, 22 Juli 2018 | 10:48 WIB
Aplikasi Telegram/Istimewa
Aplikasi Telegram/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp mungkin adalah aplikasi chat paling populer di Indonesia saat ini.  Namun WhatsApp bukan satu-satunya aplikasi pesan instan yang bisa digunakan di ponsel, dan pesaingnya cukup banyak. Berikut beberapa aplikasi chat alternatif yang mungkin kurang dikenal namun patut dicoba.

Semua aplikasi yang dibahas ini tersedia gratis baik untuk Apple iOS maupun Android.

Telegram

https://telegram.org/

Beberapa waktu lalu Telegram sempat heboh karena diblokir oleh Kemkominfo. Aplikasi ini memang populer di banyak kalangan karena fitur percakapan dalam grup yang cukup mumpuni. Sialnya simpatisan terorisme juga tertarik menggunakannya, yang kemudian menjadi alasan untuk pemblokiran.

Telegram selain dilengkapi dengan fitur chat dalam grup dan channel (yang terakhir ini baru-baru ini saja ditiru WhatsApp). Fitur Secret Chatnya memungkinkan pesan terenkripsi yang dikirim dihapus otomatis setelah jangka waktu tertentu.

Selain berfungsi sebagai aplikasi pesan instan, Telegram juga bisa digunakan untuk menelepon ke sesama pengguna. Telegram juga memiliki aplikasi web dan desktop dengan fitur yang cukup lengkap (namun tidak mendukung Secret Chat).

Signal

https://signal.org

Aplikasi ini biasanya dipromosikan sebagai aplikasi chat aman. Pesan dapat dikirim tanpa disadap karena diamankan dengan enkripsi dari ujung-ke-ujung, dan server Signal tidak menyimpan pesan yang dikirim.

Informasi yang disimpan tentang pengguna Signal sendiri juga minimal.  Bila ada pihak yang meminta data, Signal tidak bisa memberi banyak informasi.

Selain berfungsi sebagai aplikasi pesan instan, Signal juga bisa digunakan untuk menelepon (lewat saluran data/VoIP), serta mengirim SMS dan MMS. Fungsi yang terakhir ini memungkinkan pengguna Signal untuk tetap mengirim pesan ke kontak yang tidak memasang aplikasi ini (tidak seperti aplikasi chat lain dalam tulisan ini), meskipun pesan yang dikirim tidak lagi terlindungi.

Wickr

https://wickr.com

Seperti juga Signal, Wickr mempromosikan diri sebagai aplikasi chat aman. Namun aplikasi ini lebih menekankan ke fitur pesan tidak permanen (self-destructing message). Artinya, pesan yang anda kirim akan lenyap dengan sendirinya setelah beberapa lama. Pesan tidak hanya bisa berupa teks, tetapi juga gambar, video, audio, dan berkas lain.

Tersedia integrasi dengan layanan penyimpanan online  Dropbox, Box, dan Google Drive. Anda bisa melampirkan berkas yang tersimpan di semua layanan online tersebut.

Wickr juga menjual solusi untuk perusahaan dan tim.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper