5 Smartphone Ini Sebentar Lagi Tak Bisa Gunakan WhatsApp

JIBI
Sabtu, 23 Juni 2018 | 09:10 WIB
Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel./Reuters-Thomas White
Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel./Reuters-Thomas White
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika Anda memiliki smartphone dengan sistem operasi iOS 7 atau Android Gingerbread, segeralah ganti ponsel. Pasalnya, aplikasi WhatsApp dikabarkan tidak akan bisa lagi digunakan di ponsel dengan sistem operasi tersebut. 

Aplikasi pesan milik Facebook ini akan menghentikan layanan untuk iOS 7 mulai 1 Februari 2020. Dengan demikian, pengguna WhatsApps di iPhone 4 atau yang lebih tua tak akan lagi bisa menggunakan aplikasi tersebut. 

Meski bisa saja memilih beralih ke aplikasi pesan lain, tapi mungkin tidak semua kontak Anda juga memilikinya. 

"Untuk tujuh tahun ke depan, kami ingin memfokuskan upaya kami pada platform seluler yang digunakan oleh sebagian besar pengguna," ujar pihak WhatsApp, seperti dilansir Tempo, Sabtu (23/6/2018).

1. Samsung Galaxy S II

Samsung Galaxy S II mulai dipasarkan di Indonesia pada Juli 2011. Ponsel pintar tersebut menjalankan sistem operasi Android 2.3 alias Gingerbread dan layar Super AMOLED Plus seluas 4,3 inci.

5 Smartphone Ini Sebentar Lagi Tak Bisa Gunakan WhatsApp

Layar tersebut lebih hemat daya baterai hingga 18% dan memiliki rasio kontras 120 kali lebih terang ketimbang LCD biasa. Selain itu, Samsung membenamkan dua kamera yang menghadap ke belakang dan depan dengan resolusi masing-masing 8 megapiksel dan 2 megapiksel.

Galaxy S II merupakan ponsel yang tipis, yakni 8,49 milimeter (mm) dan bobot 116 gram, serta menggunakan satu mainboard untuk menempatkan CPU-nya. Perangkat juga sudah terkoneksi dengan Bluetooth, Wi-Fi Direct, dan Near Field Communication (NFC) dengan daya baterai 1650 mAh.

2. Sony Xperia S

Sony Xperia S merupakan ponsel berlayar 4,3 inci yang dilengkapi dengan kamera 12 megapiksel dengan sensor kamera Sony Exmor R. Seri ini memiliki desain ikonik, yaitu bentuk yang bersudut cukup lancip dan adanya elemen transparan yang berada pada bagian bawah layar, sebagai tombol back home.

Smartphone dipersenjatai prosesor dual core 1,5 GHz dan memiliki kapasitas memori internal 32 gigabita.

5 Smartphone Ini Sebentar Lagi Tak Bisa Gunakan WhatsApp

Ponsel ini juga sudah memiliki NFC. Penggunanya juga dapat mengintegrasikan smartphone tersebut dengan TV, tablet Sony, serta PlayStation lewat Bravia Sync. Sony Xperia S hadir di Indonesia pada 2012.

3. Samsung Galaxy Nexus

Samsung Galaxy Nexus adalah smartphone pertama yang menjalankan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich. Ponsel pintar yang meluncur pada 2011 ini memiliki layar SUPER AMOLED HD 4,65 inci dengan resolusi 1.280 x 720 piksel.

5 Smartphone Ini Sebentar Lagi Tak Bisa Gunakan WhatsApp

Ponsel ini didukung prosesor dual-core berkecepatan 1,2 GHz, RAM 1 gigabita, dan memori penyimpanan 32 gigabita. Sensor kamera utama 5 megapiksel, sedangkan kamera untuk fungsi video chatting 1,3 megapiksel.

Galaxy Nexus terlihat ramping dengan ketebalan 8,9 mm dan berlekuk. Ponsel ini juga diklaim mampu berjalan di jaringan Long Term Evolution (LTE).

4. HTC One X

HTC One X dilengkapi kamera 8 megapiksel dan bentang layar 4,7 inci. Kameranya juga diperkuat teknologi yang diklaim mampu berada dalam kondisi siap menangkap gambar dalam waktu 0,7 detik.

Keunggulan lain kameranya yaitu bisa mengambil gambar berkelanjutan sebanyak empat kali per detik hingga 99 kali jepret.

5 Smartphone Ini Sebentar Lagi Tak Bisa Gunakan WhatsApp

Ponsel ini menjalankan sistem OS Android 4.0 dan didukung prosesor quad-core 1,5 GHz untuk HTC X. Memori RAM yang dimiliki HTC X sebesar 1 GB dengan kapasitas penyimpanan internal 32 GB dan biisa diperluas dengan microSD hingga 32 GB.

5. LG Optimus Hub E510

LG Optimus Hub E510 tampil dengan layar sentuh berukuran 3,5 inci, resolusi 320 x 480 piksel dan prosesor ARM v6 berkecepatan 800 MHz. Sistem operasi yang dijalankannya adalah Android Gingerbread.

5 Smartphone Ini Sebentar Lagi Tak Bisa Gunakan WhatsApp

Kamera pada ponsel ini beresolusi 5 megapiksel dan dilengkapi beberapa fitur, seperti autofocus, geo-tagging, digital zoom, dan face and smile detection.

Untuk konektivitas, LG Optimus Hub E510 memiliki Wi-Fi Cast yang membuat sesama pengguna LG Optimus Hub dapat berbagai gambar, musik dan video.

WhatsApp telah memperingatkan bahwa aplikasi dapat berhenti bekerja kapan saja mulai dari sekarang hingga batas akhir pada awal 2020. Aplikasi pesan tersebut secara berkala menghentikan layanan untuk sistem operasi yang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : JIBI
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper