Kamera Pop-up dan Layar Tanpa Bezel Smartphone Oppo Find X

Saat fitur kamera diaktifkan, bagian atas ponsel akan terangkat (pop-up) dan barulah kamera muncul
Dhiany Nadya Utami | 20 Juni 2018 13:00 WIB
Media promosi Oppo Find X yang menggunakan desain kamera timbul (pop-up) - oppo.com

Bisnis.com, JAKARTA — Oppo akhirnya merilis Oppo Find X di Paris, Prancis Selasa malam (19/6/2018) waktu setempat. Alih-alih hadir dengan poni, ponsel flagship teranyar ini membawa tren baru di dunia smartphone dengan mengusung kamera pop-up.

Seperti dilansir dari The Verge, kamera tersembunyi jadi unggulan Oppo Find X. Saat fitur kamera diaktifkan, bagian atas ponsel akan terangkat (pop-up) dan barulah kamera muncul. Sementara ketika fitur kamera dinonaktifkan, bagian kamera akan “tenggelam” kembali. Oppo mengklaim fitur kamera pop-up tersebut dapat terbuka hanya dalam 0,5 detik.

Berbeda dengan ponsel Nex milik Vivo yang juga memiliki sistem serupa untuk kamera depan, kamera pop-up Oppo berlaku untuk kamera depan dan belakang. Oppo Find X sendiri dibekali kamera depan 25 MP plus sistem pemindai wajah 3D dan dwi-kamera belakang masing-masing 16 MP dan 20 MP.

Adapun, secara tampilan ponsel satu ini terlihat sangat mirip dengan Samsung Galaxy S9 Plus dengan layar OLED 6,4 inci yang memiliki sisi lengkung. Tampak depan terlihat tampilan layar penuh dengan bezel yang amat tipis. Bahkan, Oppo Find X diklaim memiliki aspek rasio bodi paling tinggi di kelasnya yakni 92,25%.

Berbeda dengan ponsel-ponsel yang banyak beredar saat ini, Oppo Find X tak lagi memiliki pemindai sidik jari. Sebagai gantinya Oppo Find X menggunakan fitur pemindai wajah sebagai alat identifikasi untuk membuka kunci ponsel.

Sementara untuk dalaman, sebagai ponsel dari lini premium Oppo Find X memiliki spesifikasi kelas atas dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 845, RAM 8 GB, dan memori hingga 256 GB. Bagian peranti lunak ponsel ini telah mengadopsi Android Oreo 8.1 yang yang dipadukan dengan Color OS dari Oppo.

Sebagai penyokong daya, Oppo membekali Find X baterai 3.730 mAh yang dilengkapi teknologi VOOC fast charging. Untuk koneksi internet ponsel ini memiliki slot dual-SIM yang kompatibel dengan jaringan LTE global.

Oppo Find X kabarnya akan mulai tersedia di pasar China per hari ini dan dijual terbatas di sejumlah negara Asia seperti India dan Filipina. Belum ada kabar mengenai berapa kisaran harga dan apakah ponsel satu ini juga akan masuk ke Tanah Air.

Tag : smartphone
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top