Tidur Lebih Nyenyak Menggunakan Aplikasi

Dhiany Nadya Utami
Minggu, 10 Juni 2018 | 14:21 WIB
Main ponsel sebelum tidur/Boldsky
Main ponsel sebelum tidur/Boldsky
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Aplikasi smartphone kerap kali menjadi kambing hitam susah tidur. Cahaya terang layar ponsel menjelang tidur menyulitkan mata beristirahat. Notifikasi dari berbagai aplikasi yang terus menerus berdatangan membuat kita tidak bisa rehat sejenak.

Padahal, tidur merupakan hal penting yang sering dianggap sepele. Apalagi bagi para profesional yang memiliki segudang kesibukan, seringkali mengorbankan waktu tidurnya demi urusan pekerjaan. Belum lagi masalah kualitas tidur yang sering kali tidak maksimal atau malah terkena kesulitan tidur. Padahal, durasi dan kualitas tidur amat menentukan performa badan keesokan harinya.

Namun, tidak semua aplikasi adalah musuh beristirahat. Bisnis merangkum beberapa aplikasi yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, di antaranya berikut ini:

Tidur Lebih Nyenyak Menggunakan Aplikasi

Blue Light Filter

Kita sering kali terpaksa menggunakan ponsel di malam hari, baik untuk urusan pekerjaan, sekadar membuka media sosial, atau untuk membaca buku elektronik. Sayangnya, cahaya biru alias blue light yang terpancar dari ponsel kerap jadi penyebab di balik masalah sulit terlelap. Hal tersebut dapat diantisipasi dengan menggunakan menggunakan filter blue light.

Beberapa ponsel saat ini sudah memiliki fitur tersebut. Jika belum, aplikasi Blue Light Filter ini dapat sangat berguna untuk kita. Blue Light Filter memiliki beberapa pilihan filter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti Night Shift, Candlelight, Dawn, serta Incadescent Lamp. Selain mengurangi efek blue light, filter ini sekaligus dapat menghemat konsumsi daya pada ponsel karena cahaya yang dipancarkan berkurang.

Tidur Lebih Nyenyak Menggunakan Aplikasi

Sleep Time

Bagi yang memiliki masalah dengan pola tidur, aplikasi satu ini sepertinya dapat membantu. Pada dasarnya Sleep Time merupakan alarm yang dapat merekomendasikan waktu tidur dan bangun terbaik untuk penggunanya. Ada pula pilihan suara alam untuk memberikan relaksasi sehingga tidur lebih nyenyak.

Tak hanya itu, aplikasi ini memiliki teknologi Sleep Lab yang akan mencatat pola tidur dan bangun penggunanya kemudian memberikan analisa detail mengenai siklus tidur mereka, termasuk efeknya pada kesehatan. Pun, saat alarm bekerja di pagi hari volume suara meningkat secara bertahap sehingga pengguna tak akan bangun dengan kaget.

Tidur Lebih Nyenyak Menggunakan Aplikasi

Pillow

Mirip seperti Sleep Time, Pillow dapat menyusuri dan menganalisis pola tidur penggunanya. Aplikasi ini dibuat berdasarkan penelitian terbaru mengenai pola tidur. Algoritme Pillow menggunakan pola gerakan dan suara untuk mendeskripsikan sesi tidur penggunanya. Selanjutnya, Pillow akan menyediakan diagram dan statistik yang komprehensif mengenai tahapan tidur pengguna.

Aplikasi yang hanya dapat dinikmati pengguna iOs ini juga terkoneksi dengan aplikasi Apple Heatlh sehingga dapat menganalisa pola tidur dengan lebih baik karena memilki latar belakang kesehatan pengguna secara lengkap. Pillow menggunakan metrics kesehatan seperti berat badan, tekanan darah, kalori, serta kebiasaan konsumsi alkohol dan kafein penggunanya dan menghubungkannya dengan pola tidur.

Tidur Lebih Nyenyak Menggunakan Aplikasi

Sleepo

Suasana cahaya ruangan menjadi penting dalam meningkatkan kualitas tidur seseorang. Ada beberapa suara yang diyakini dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak misalnya suara hujan atau suara alam. Namun, tentu saja suara-suara ini tak dapat dialami setiap hari apalagi bagi yang tinggal di perkotaan. Ada beberapa aplikasi yang dapat membntu kita untuk mendapatkan soundtrack tidur, salah satunya Sleepo.

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah pengguna dapat mengkustomisasi suara-suara yang mereka sukai misalnya menggabungkan suara hujan rintik, suara angin, serta suara binatang seperti jangkrik atau kodok. Selain itu, durasi suara juga dapat diatur sesuai kebutuhan. Sleepo dapat tetap digunakan dalam mode luring sehingga tak pelu khawatir sinyal dan notifikasi lain mengganggu.

Tidur Lebih Nyenyak Menggunakan Aplikasi

Digipill

Seperti namanya, aplikasi satu ini merupakan pil digital yang bertugas meredakan keluhan-keluhan yang dialami penggunanya. Namun, alih-alih terbuat dari berbagai zat kimia, Digipill memiliki komposisi beragam jenis suara. Pengguna dapat memilih pil sesuai kebutuhan mereka seperti Sleep Deeply untuk tidur yang lebih nyenyak, Peace of Mind untuk suasana yang menenangkan, dan Power Nap untuk membantu tidur singkat.

Tiap pil memiliki waktu perawatan sekitar 30 menit. Selain menggunakan pil-pil yang tersedia, pengguna juga dapat membeli pil lain di Pharmacy atau dapat berlangganan untuk akses tanpa batas pada berbagai “resep”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper