Go-Jek Garap Solusi Pembayaran MRT 'Luar-Dalam'

N. Nuriman Jayabuana
Rabu, 23 Mei 2018 | 13:49 WIB
Mass Rapid Transit (MRT)/wikipedia
Mass Rapid Transit (MRT)/wikipedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Go-Jek menyepakati kerja sama dengan MRT Jakarta terkait pengembangan non-farebox business dan mobile payment MRT Jakarta.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P. Sabandar dan Presiden Go-Jek Indonesia, Andre Soelistyo. 

Melalui kesepahaman tersebut, kedua perusahaan dapat bekerja sama mengembangkan bisnis di luar tiket (NFB) dan mobile payment untuk area stasiun dan depo MRT di Jakarta.

Tak terkecuali gedung-gedung terkait yang berada di dalamnya, di antaranya, dan di sekitarnya. Di samping itu, keduanya dapat mengembangkan lebih banyak kawasan transit perkotaan ternama (rail and transit oriented development). Keduanya turut bekerja sama dalam melakukan studi penyusunan proof of concept integrasi mobile payment.

"Dalam hal mobile payment untuk MRT Jakarta, semakin banyak platform pembayaran untuk penggunaan MRT Jakarta, maka akan semakin baik dan memudahkan pengguna bertransaksi dalam menggunakan MRT Jakarta,” ujar William P. Sabandar dalam siaran pers (22/5). 

Dengan fasilitas mobile payment Go-Jek, pengguna semakin mudah dalam melakukan dalam pembayaran tiket elektronik MRT Jakarta. Pengguna transportasi daring yang sudah menggunakan mobile payment dalam transaksinya pun tidak perlu menyiapkan kartu tiket MRT Jakarta secara terpisah.

Lebih jauh lagi, dapat dipertimbangkan sistem pembayaran yang terpaket antara biaya tiket MRT yang sudah mencakup sebagian biaya tiket moda transportasi lainnya, sehingga pengguna dapat berpindah moda dengan efektif dan efisien, dan target penumpang 173.400 orang per hari dapat terlampaui.

Hingga 30 April 2018, kemajuan pekerjaan konstruksi MRT Jakarta secara keseluruhan telah mencapai 93,33% dengan rincian 90,45% untuk konstruksi layang dan 90,23% untuk konstruksi bawah tanah.

Seiring dengan penyelesaian pekerjaan konstruksi, PT MRT Jakarta juga menyiapkan aspek operasi dan pemeliharan untuk memenuhi target operasi pada Maret 2019, dimana saat ini kesiapan telah mencapai 50,86% yang meliputi aspek SDM dan institusi. 

Saat ini Go-Jek Indonesia telah memiliki lebih dari 1 juta mitra pengemudi, dengan lebih dari 150.,000 mitra usaha, dan 30.000 penyedia jasa di platform Go-Jek, yang menyediakan berbagai jenis jasa seperti transportasi, pengantaran makanan, kurir barang, jasa kebersihan, hingga keperluan pembayaran. Go-Jek menfasilitasi lebih dari 100 juta transaksi setiap bulannya.

“Go-Jek melihat inovasi teknologi sebagai sebuah peluang untuk menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat, kolaborasi antara MRT Jakarta dan perusahaan on-demand bebasis aplikasi seperti Go-Jek akan memudahkan masyarakat Jakarta dan sekitarnya dalam beraktivitas.

Kerja sama ini menggabungkan kemampuan infrastruktur MRT dengan luasnya jangkauan Go-Jek demi meningkatkan hajat hidup jutaan penduduk Jakarta ke depan,” ujar Andre Soelistyo.

“Go-Jek melihat inovasi teknologi sebagai sebuah peluang untuk menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat, kolaborasi antara MRT Jakarta dan perusahaan on-demand bebasis aplikasi seperti Go-Jek akan memudahkan komuter masyarakat di Jakarta dan sekitarnya dalam beraktivitas. Dengan menggabungkan mengkolaborasikan infrastruktur MRT Jakarta serta jangkauan Go-Jek yang luas, kami berharap kerjasama ini kedepannya akan makin meningkatkan lebih banyak lagi hajat hidup jutaan penduduk Jakarta ke depan,” ujar Andre Soelistyo.

Hadirnya MRT Jakarta adalah terobosan baru bagi transportasi publik di kota ini. Tidak hanya akan meningkatkan mobilitas, MRT Jakarta juga akan memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara dan menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan, seiring dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat Jabodetabek yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper