Kiat Street Photography dengan Smartphone Saat Cahaya Minim dari Bill Satya

Kita bisa berkreasi untuk mendapatkan konten foto yang maksimal sesuai keinginan dengan mengatur Low Light secara manual. Pilih sendiri aperture, ISO, dan white balance sesuai dengan tone foto yang kita inginkan
M. Taufikul Basari | 10 Mei 2018 09:54 WIB
Pengambilan foto dalam kondisi low/light menggunakan Samsung Galaxy A6 / Bisnis / M. Taufikul Basari

Bisnis.com, JAKARTA -- Berbagai smartphone keluaran terbaru kini telah dibekali dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya mengambil foto dengan kualitas yang mumpuni.

Para fotografer pun kini memanfaatkan smartphone untuk mengambil gambar, meskipun tidak sampai menyamai kualitas kamera DSLR. Bill Satya, fotografer yang menekuni street photography, mengaku sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar dengan alasan praktis, terutama pada saat travelling.

Street photography sendiri berfokus pada aktivitas natural di ruang publik, dengan subjek tidak hanya orang, tapi juga peristiwa, benda, bayangan, cuaca, dan lain-lain. Aktivitas street photography menjadi salah satu sumber pendapatan Bill yang hanya lulusan SMA itu.

Salah satu kesulitan menggunakan handphone dalam street photography adalah ketika pencahayaan alami kurang memadai, seperti di dalam ruangan atau malam hari.

Menurut Bill Satya, penggunaan fitur Low Light yang tersedia di smartphone bisa membantu menghasilkan foto berkualitas bagus.

“Kita bisa berkreasi untuk mendapatkan konten foto yang maksimal sesuai keinginan dengan mengatur Low Light secara manual. Pilih sendiri aperture, ISO, dan white balance sesuai dengan tone foto yang kita inginkan,” katanya di ajang peluncuran Samsung Galaxy A6 dan A6+ beberapa waktu lalu di Bali.

Low light photography adalah pemotretan yang dilakukan dalam kondisi minim cahaya. Dengan demikian, kecepatan rana (shutter speed) yang diperlukan biasanya lebih lambat daripada kecepatan yang biasanya.

Diafragma yang diperlukan pun kadang sangat besar, misalnya 2.0-1.8, untuk mendapatkan kecepatan rana memadai. Demikian pula ISO yang dipakai umumnya di atas ISO 400.

Berikut adalah kiat fotografi dalam cahaya redup menggunakan smartphone dari Bill Satya:

  • Gunakan fitur manual pada gadget yang dimiliki
  • Apabila gambar memotret landscape gunakan tripod agar waktu pengambilan gambar lebih stabil
  • Gunakan ukuran aperture sebesar mungkin
  • Gunakan ISO semaksimal mungkin
  • Setting white balance sesuai dengan kondisi spot.

 

Tag : fotografi
Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top