Buntut Flash-Sale 'Colongan' Honor 9 Lite di Shopee

Dhiany Nadya Utami
Rabu, 11 April 2018 | 07:58 WIB
Presiden Honor Indonesia James Yang (kiri) dan Presiden Honor George Zhao (tengah) memberikan pemaparan saat konferensi pers usai Grand Launching Honor Indonesia di Jakarta, Selasa (27/3/2018)/Dhiany Nadya Utami
Presiden Honor Indonesia James Yang (kiri) dan Presiden Honor George Zhao (tengah) memberikan pemaparan saat konferensi pers usai Grand Launching Honor Indonesia di Jakarta, Selasa (27/3/2018)/Dhiany Nadya Utami
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Merek ponsel pintar asal China, Honor, tengah santer di masyarakat. Pasalnya, vendor yang baru masuk secara resmi ke Indonesia pada akhir Maret lalu ini melakukan penjualan salah satu varian ponselnya yakni Honor Lite 9 dalam keadaan belum memiliki sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan sertifikat postel (SDPPI). Buntutnya, pengiriman ponsel pada para pembeli ditunda. 

Honor Lite 9 dijual melalui program penjualan kilat (flash sale) di platform dagang-el Shopee pada Kamis (5/4/2018) silam dengan harga Rp2.499.000 dan langsung “sold out” dalam waktu singkat, bahkan diklaim habis dalam 1 menit saja.

Pada tanggal tersebut, Honor Lite 9 dalam kondisi belum mengantongi  sertifikat TKDN dan SDPPI. Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan dari masyarakat, tetapi pihak Honor maupun iCool sebagai distributor belum memberikan tanggapan.

Kemudian pada Minggu (8/4/2018) para pelanggan yang membeli Honor 9 Lite menerima notifikasi yang menyatakan pemesanan mereka “pickup failed” atau belum siap diantarkan.

Keesokan harinya, terbit sertifikat TKDN untuk perangkat Honor 9 Lite atau Honor dengan nomor sertifikat 291/ILMATE/TKDN/4/2018, sesuai dengan yang tercantum dalam situs tkdn.kemenperin.go.id. Sementara itu, sertifikasi postel perangkat tersebut juga turun pada hari yang sama dengan nomor 55905/SDPPI/2018.

Menyusul, pihak PT iCool International Indonesia, sebagai distribusor, merilis pemberitahuan bahwa pengiriman ponsel ditunda hingga 16 April mendatang karena isu internal. Pembeli juga mendapat kompensasi berupa voucer belanja online senilai Rp300.000.

Konsultan humas Honor di Indonesia tidak merespons permintaan tanggapan dari Bisnis.

Selain Honor 9 Lite, pada bulan ini Honor juga dijadwalkan akan menjual dua varian ponsel lainnya yakni Honor 7X melalui Lazada.co.id pada 25 April, dan smartphone flagship Honor yakni Honor View 10 dijual lewat Shopee mulai dari 16 April dan pra-order pada 9 April.

Berdasarkan pantauan Bisnis per Selasa (10/4/2018), dari kedua varian tersebut baru Honor View 10 yang sertifikat TKDN-nya telah terbit. Adapun untuk sertifikat postel atau SDPPI keduanya belum ada dalam daftar sertifikat berlaku yang dapat diakses via sertifikasi.postel.go.id.

Mengenai jadwal penjualan kedua varian tersebut pihak Shopee sebagai kanal penjualan daring menyatakan akan mengikuti aturan yang berlaku, dalam hal ini aturan TKDN dan SDPPI.

“Shopee berkomitmen untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan aman bagi pengguna kami. Untuk itu kami selalu memastikan Shopee telah mengikuti aturan yang berlaku,” ujar Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar melalui pesan singkat.

Adapun peraturan terkait sertifikasi postel ada dalam Permenkominfo no. 18 tahun 2014. Pada pasal 2 ayat 1 disebutkan bahwa “setiap alat dan perangkat telekomunikasi yang dibuat, dirakit, dimasukkan untuk diperdagangkan dan/atau digunakan di wilayanh Negara Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis dan berdasarkan izin sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk mendapatkan sertifikasi postel, perangkat ponsel pintar yang akan diedarkan atau dijual terlebih dahulu harus memiliki sertifikat TKDN dari Kementrian Perindustrian.

Dihubungi secara terpisah, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Achmad Rodjih Almanshoer mengatakan semua perangkat yang beredar di Indonesia harus mematuhi peraturan yang ada.

“Intinya sih semua seluler 4G yg beredar harus memenuhi ketentuan yg berlaku di NKRI yakni Permenperin No 29/17 dan Permenkominfo No. 18/2014,” katanya via pesan pendek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper