Rudiantara Panggil Facebook Soal Kebocoran 1 Juta Data Pengguna di Indonesia

Dhiany Nadya Utami
Kamis, 5 April 2018 | 16:16 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memanggil perwakilan Facebook terkait skandal kebocoran data pengguna yang terjadi pada platform media sosial tersebut. Kabarnya, sore ini mereka akan mengadakan pertemuan.

Rudiantara mengatakan memang ada indikasi data pengguna Facebook di Indonesia yang terkait dengan kasus Cambidge Analityca. Maka dari itu, dia meminta Facebook untuk segera mengklarifikasi hal tersebut, termasuk memberikan angka pasti mengenai berapa banyak data pengguna di Tanah Air yang turut terlibat.

“Bahkan saya telepon sendiri Facebook 10 hari yang lalu,” ujarnya kepada Bisnis (5/4/2018).

Selain itu, Rudiantara meminta Facebook sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) untuk memenuhi Peraturan Menteri Kominfo Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dan Undang-Undang no. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Jika terbukti melanggar, ujar Rudiantara, Facebook bisa diganjar sanksi administrasi, sanksi hukuman badan sampai 12 tahun, dan sanksi denda hingga Rp12 miliar.

“Kami juga sudah mulai koordinasi dengan teman-teman Polri, mengantisipasi diperlukannya penegakan hukum secepatnya,” tambah Rudiantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper