70% Aplikasi Baru Berdasarkan OSDBMS

Pandu Gumilar
Sabtu, 23 Desember 2017 | 16:37 WIB
Aplikasi Penghemat Kuota Datally/Istimewa
Aplikasi Penghemat Kuota Datally/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Firma riset Gartner memprediksi bahwa lebih dari 70% aplikasi baru akan dikembangkan pada Open Source Database Management System [OSDBMS] pada 2018.

Dikutip dari keterangan tertulis,Sabtu (23/11/2017), menurut laporan The State of Open Source RDBMS 2015 keluaran Gartner menyatakan bahwa pasar OSDBMS bernilai US$562 juta dan tumbuh 32% dari tahun ke tahun sejak 2013.

Rendahnya biaya kepemilikan total (TCO) disebutkan sebagai alasan utama. Hal senada diungkapkan pula pada konferensi PGConf.ASIA 2017 di Jepang yang menjadi ajang kolaborasi komunitas yang aktif sebagai kontributor untuk mendorong inovasi PostgreSQL secara independen dan terbuka.

Andy Fefelov, arsitek database dari Rusia yang mengembangkan platform database Business Intelligence (BI) untuk kelompok perusahaan farmasi terbesar di Irlandia mengungkapkan bahwa fitur-fitur PostgreSQL seperti replikasi logikal, ETL, ELT, paralelisme hingga server khusus DDM membantunya mencapai tujuan untuk mengoptimalkan kebijakan pembelian dan upaya pemasaran.

Ayumi Ishii, insinyur PostgreSQL di NTT Data Corporation mengungkapkan bahwa fitur parallel query di PostgreSQL telah meningkatkan fungsi Data Warehouse (DWH)

Sementara itu, CEO PT. Equnix Business Solutions Julyanto Sutandang mengatakan Indonesia membutuhkan open source untuk memperkuat perekonomian, menghemat biaya, dan menjamin integritas data serta keamanan.

“Pasar Indonesia kini lebih membuka diri terhadap platform dan solusi database open source dalam bisnis yang merupakan peluang bagus untuk produk database open source seperti PostgreSQL,” kata Julyanto

Dia menambahkan bahwa Equnix berkontribusi sebagai penyedia layanan profesional maintenance PostgreSQL terbanyak di Indonesia pada beragam sektor eksklusif seperti perbankan, finansial, industri, dan lainnya yang telah memahami performa tinggi PostgreSQL sebagai sistem database.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper