Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cara Turunkan Berat Badan dengan Manfaatkan Fitness Tracker

Usaha mencoba menurunkan berat badan memerlukan sebuah rencana, dukungan untuk membuat termotivasi dan bekerja keras menuju tujuan serta perangkat yang sesuai.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 17 Agustus 2017  |  17:34 WIB
Ilustrasi menurunkan berat badan. - Istimewa
Ilustrasi menurunkan berat badan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Usaha mencoba menurunkan berat badan memerlukan sebuah rencana, dukungan untuk membuat termotivasi dan bekerja keras menuju tujuan serta perangkat yang sesuai.

Saat ini teknologi hadir membuat hidup lebih mudah. Fitness tracker menjadi salah satu gawai yang integral untuk menghilangkan beberapa kilo lemak dari tubuh. Tapi, sama seperti teknologi lainnya, fitness tracker baru akan berfungsi maksimal ketika penggunanya tahu bagaimana menggunakannya.

Berikut ini tips dari Engelhard (Al) Sundoro, Managing Director for Garmin South Asia dalam menggunakan fitness tracker untuk hasil yang maksimal.

Target Langkah

Hampir semua fitness tracker memasang angka di 10.000 langkah per hari. Hal ini bukan tanpa sebab. Latihan apa pun yang dilakukan akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Jika seseorang mempunyai gaya hidup yang tidak banyak bergerak, maka tubuh akan semakin buruk dalam menangani gula darah. Hasilnya, tubuh harus menghasilkan terlalu banyak insulin dalam prosesnya dan jika keadaan menjadi serius, akan ada ancaman diabetes tipe II, ini tentu bukan hal baik.

Adapun 10.000 langkah adalah skenario yang ideal dan dapat dengan mudah memonitor langkah melalui fitness tracker.

Fitur Garmin Move IQ™ bisa langsung merekam saat mulai bergerak. Mulai dari target 5.000 langkah dalam sehari dulu. Kemudian jika sudah mencapai 5.000 langkah, mulai tingkatkan target harian menjadi 10.000 langkah.

Fitur Auto Goal di dalam vivosmart 3 bahkan dapat secara otomatis meningkatkan target harian berdasarkan rekaman pencapaian harian.

Kombinasi

Mencapai target langkah adalah salah satu dasar dalam program penurunan berat badan, namun untuk lebih efektif berolahragalah untuk membakar kalori lebih cepat.

Pilih olahraga seperti lari atau angkat beban. Dalam hal ini, fitness tracker akan berguna untuk mengukur hasil latihan. Dengan fitness tracker, mengukur hasil latihan jadi lebih mudah seperti mengukur jarak & kecepatan lari atau mengukur repetisi pada saat angkat beban.

Fitness tracker akan memudahkan dalam merekam dan merencanakan program latihan harian. Fitness tracker juga telah banyak yang dilengkapi dengan pengukuran jumlah kalori yang terbakar dari aktivitas harian, yang akan membantu melihat hasil dari program penurunan berat badan.

Terus Bergerak

Fitness tracker seperti Vivosmart 3 dari Garmin mempunyai fitur yang bisa memberitahu pengguna jika diam dalam waktu yang lama. Kunci dalam menurunkan berat badan adalah terus bergerak dan dengan fitness tracker, bisa memonitor seberapa lama Anda diam.

“Jaga pergerakan Anda pada apa yang disebut aktivitas fisik non-olahraga. Membuat diri Anda terus bergerak akan membantu mencapai tujuan Anda," jelasnya.

Dia menambahkan ada banyak bukti bahwa duduk dalam waktu yang lama dapat merugikan untuk postur tubuh dan hal ini bisa membuat sesi di gym lebih sulit untuk bergerak dengan benar.

"Idealnya, bergeraklah satu atau dua jam, tidak perlu jauh-jauh. Coba bergerak dari meja untuk menyapa teman kerja,” katanya.

Peforma Tubuh

Melakukan olahraga perlu memperhatikan kemampuan atau peforma tubuh. Memonitor seberapa bugar tubuh menjadi penting agar tahu kondisi tubuh ketika diajak untuk menurunkan berat badan.

Fitness tracker dapat mengetahui kapan penggunanya dalam peforma yang tinggi untuk meningkatkan olahraga atau kapan perlu berhenti.

Pengukuran ini dapat dilakukan melalui fitur VO2 Max, yang mengukur kemampuan tubuh menyerap oksigen. Fitur yang tadinya hanya tersedia dirangkaian produk high-end Garmin sekarang tersedia di seri Vivosmart3.

Lewat fitur ini, pengguna dapat mengukur perkembangan kondisi tubuh ketika berolahraga, dan selanjutnya juga dapat mengukur Fitness Age, yaitu usia kebugaran tubuh.

Tidur Cukup

Menjaga pola tidur juga penting dalam program penurunan berat badan. Kurang tidur akan meningkatkan hormon yang membuat nafsu untuk ngemil bertambah. Selain itu, kurang tidur juga akan membuat tubuh kekurangan energi yang dapat mempengaruhi rencana olahraga.

Beberapa fitness tracker juga dapat memonitor aktivitas tidur ini, untuk mengetahui apakah penggunanya cukup istirahat atau tidak. Fitur sleep tracking dalam Garmin Vivosmart 3 dapat mengukur lama tidur dan kualitas tidur.

“Pengukuran kualitas tidur yang didapat melalui fitur ini akan membantu program penurunan berat badan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

berat badan
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top