XL Tingkatkan Kapasitas Jaringan 3 Kali Lipat di Jalur Mudik

Sholahuddin Al Ayyubi
Senin, 8 Mei 2017 | 20:19 WIB
XL Axiata
XL Axiata
Bagikan

Bisnis.com, BALI -- PT XL Axiata Tbk ‎mengaku telah menyiapkan jaringan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama Ramadan dan Lebaran, terutama di area yang biasanya mengalami peningkatan traffic pada periode tersebut.

Yessie D. Yosetya, Chief Service Management Officer XL Axiata mengemukakan pihaknya telah melakukan ‎serangkaian uji jaringan di berbagai daerah. Menurutnya, uji coba jaringan tersebut dilakukan  XL Axiata sebagai antisipasi dini dalam rangka memastikan kemampuan jaringan milik XL Axiata untuk menghadapi kemungkinan kenaikan traffic pada semua jenis layanan.

"Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, kami akan meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibandingkan dengan hari-hari biasa," tuturnya di Bali, Senin (8/5).

Dia optimistis XL Axiata dapat mengatasi berbagai masalah lonjakan traffic selama lebaran dan libur panjang mendatang. Pasalnya, dia ‎menjelaskan pihaknya telah memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool pada jaringan core yang memudahkan XL Axiata untuk mengalihkan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

"Dengan penambahan kapasitas itu, kami optimis akan mampu mengatasi jika terjadi lonjakan traffic yang signifikan," katanya.

‎Dia menambahkan, kegiatan uji jaringan tersebut merupakan agenda rutin yang wajib dilakukan XL Axiata setiap saat. Namun, khusus menjelang Ramadan dan lebaran, setiap operator juga harus melakukannya lagi karena intensitas pemakaian semua jenis layanan biasanya meningkat secara signifikan.

"Apalagi, ada pula momentum ketika masyarakat melakukan perjalanan pulang kampung secara serentak di mana-mana, yang memunculkan kemungkinan kepadatan di sepanjang jalur mudik," ujarnya.

Dia menjelaskan secara teknis kegiatan uji jaringan yang dilakukan oleh operator tersebut adalah untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan jaringan yang dimiliki oleh operator. ‎Menurutnya, XL Axiata juga telah menyiapkan rencana untuk penguatan jaringan, seperti di antaranya adalah dengan meningkatkan kapasitas, menambah perangkat, serta memanfaatkan teknologi pengalihan kapasitas secara simultan. 

"Selain itu, kami juga akan melakukan pemantauan secara ketat untuk memastikan jaringan bekerja dengan maksimal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper