Penggunaan Ponsel 4G Naik Menjadi 68%

Thomas Mola
Selasa, 20 Desember 2016 | 01:08 WIB
Pengguna smartphone/Istimewa
Pengguna smartphone/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pangsa penggunaan ponsel pintar dengan teknologi long term evolution (LTE/4G) di Indonesia meningkat  dari 58% pada kuartal II/2016 menjadi 68% pada kuartal III/2016. Peningkatan itu terjadi karena banyak provider menawarkan paket data yang kompetitif.

Laporan yang dirilis International Data Corporation (IDC) menyebutkan total pengiriman ponsel pintar ke Indonesia pada kuartal III/2016 turun 7%, jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Pengiriman ponsel pintar pada kuartal III/2016 tumbuh moderat hanya 4% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2015.

"Orang Indonesia menggunakan ponsel untuk hiburan seperti sosial media, video streaming,  permainan, dan browsing. Permintaan ponsel dengan layar lebih besar dan phablet meningkat  dari 11% pada kuartal III/2015 menjadi 16 pada kuartal III/2016," ujar Reza Haryo Senior Market Analyst, Client Devices, IDC Indonesia yang dikutip Bisnis dari laman resmi IDC, Selasa (20/12/2016).

IDC mencatat Samsung masih menguasai pasar pada kuartal III/2016. Vendor asal Korea ini tercatat memiliki pangsa pasar sebesar 32,2%, disusul Oppo dengan 16,7%, Asus 8,2%, Advan 6%, Smartfren dan Lenovo masing-masing 5,7%.

"Sebagian besar berasar dari vendor seperti Samsung, Oppo dan Asus. Samsung Galaxy J7, Oppo F1 dan Asus Zenfone Selfie adalah beberapa ponsel yang sangat populer," tambah Haryo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper