SMART CITY: Pemkot Tangerang Jajaki Kerja Sama dengan Microsoft

Amanda Kusumawardhani
Kamis, 4 Agustus 2016 | 02:48 WIB
Smart City/Ilustrasi-Bisnis.com
Smart City/Ilustrasi-Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang tengah mengkaji penawaran kerja sama pengembangan smart city oleh Microsoft.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menyatakan ketertarikan terhadap sistem yang telah dibangun oleh salah satu perusahaan terkenal di dunia tersebut. Apalagi kondisi saat ini, dirinya mengungkapkan tidak hanya dibutuhkan data yang akurat tetapi juga data yang informatif.

"Selama ini kita banyak data, tapi informasinya tidak ada. Oleh karena itu, dengan adanya sistem yang canggih, pelayanan publik mampu terus ditingkatkan ke arah yang lebih baik,” katanya, mengutip keterangan resminya, Rabu (3/8/2016).

Saat ini, Pemkot Tangerang telah memiliki Tangerang Live Room sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengintegrasikannya. Semua informasi , menurutnya, mulai dari jumlah wajib pajak, jumlah penduduk miskin semuanya bisa diketahui dengan akurat.

"Hal ini akan mempengaruhi kecepatan dalam pengambilan proses sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Arief juga menyampaikan persoalan yang dihadapi oleh hampir pemerintah daerah di Indonesia yakni data yang tidak terintegrasi sehingga hal tersebut akan berimplikasi pada kebijakan yang tidak tepat sasaran.

Gilang, salah satu perwakilan PT Esri Indonesia yang menjadi perwakilan Microsoft dalam pengembangan Geographic Informatika System (GIS) mengungkapkan ketertarikannya untuk menjadi bagian dari pengembangan smart city di Tangerang.

"Di Kota Tangerang sudah banyak aplikasi yang terbangun dan smart city-nya pun sudah jalan," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper