Kementerian Koperasi Apresiasi Langkah Mastel dan APJII

MG Noviarizal Fernandez
Jumat, 27 Mei 2016 | 19:34 WIB
UKM/Bisnis.com
UKM/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mengapresiasi langkah Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mendirikan Koperasi Jasa Digital Indonesia Mandiri.

"Indonesia memang sedang membutuhkan hadirnya koperasi seperti ini yang mampu memproduksi barang atau jasa secara konkrit. Koperasi digital merupakan koperasi yang mampu mengolah produk-produk digital. Selama ini, yang selalu muncul adalah koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam", kata Deputi Bidang Kelembagaan Kementrian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari, Jumat ‎(27/5/2016).

Selain itu, lanjut Choirul, koperasi di Indonesia memang membutuhkan sentuhan modernisasi dan konektivitas secara vertikal dan horizontal. "Disinilah perlunya sentuhan teknologi informatika, dimana transaksi koperasi dilakukan secara komputerisasi. Apalagi, saat ini kami juga mengharapkan kualitas koperasi dimana yang bekerja di koperasi bisa secara mudah dan cepat".

Choirul pun berharap bahwa fokus koperasi digital yaitu Device, Network‎, dan Application (DNA) itu amat penting dan bisa dimanfaatkan oleh dunia koperasi di Indonesia. "Di bidang Device, koperasi digital akan memiliki brand smartphone sendiri yang kemudian aplikasi-aplikasinya akan diisi secara prioritas untuk aplikasi lokal", kata dia.

Selain Device dan aplikasi, Ketua Umum Mastel Kristiono menambahkan bahwa Koperasi Digital juga fokus di bidang Network dengan menyiapkan peluncuran satelit untuk Indonesia yang kemudian pengelolaan dan pelayanan pelanggannya akan dilakukan oleh seluruh penyelenggara jasa internet yang sudah ada dan saat ini berada di bawah APJII, sesuai dengan semangat koperasi yaitu kerjasama gotong royong dan mendukung UKM.

"Di awal ini, koperasi sedang merampungkan kemitraan dengan berbagai pihak guna menyiapkan layanan bagi anggota dan ditargetkan dalam waktu cepat akan rampung. Sehingga, koperasi akan siap menerima anggota baru secara online mulai 1 Juli 2016", papar Kristiono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper