BISNIS E-COMMERCE: Ketika Konglomerat RI Belajar dari Pemilik Alibaba.com Jack Ma

Sukirno
Selasa, 16 Februari 2016 | 06:48 WIB
Bisnis E-commerce/ilustrasi-alleywatch.com
Bisnis E-commerce/ilustrasi-alleywatch.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sekeping masa depan itu ada di bisnis daring alias e-commerce. Mungkin itulah yang diburu oleh para konglomerat Indonesia saat mereka ramai-ramai menyerbu bisnis jual-beli online.

Tak kurang dari tujuh konglomerat pemilik raksasa grup bisnis di Tanah Air menggelorntorkan duit triliunan rupiah untuk berinvestasi di bisnis e-commerce yang belum memberikan keuntungan itu.

Apa sebenarnya yang dicari oleh para taipan Nusantara itu? Mereka rela merogoh kocek begitu dalam dan beralih budaya dari bisnis industrialis ke perdagangan di dunia maya.

Bisa jadi, orang-orang terkaya di Indonesia itu belajar dari Jack Ma sebagai pendiri situs e-commerce asal China alibaba.com. Perusahaan yang berdiri pada 1999 itu kemudian menggelar penawaran perdana saham (initial public offering/IPO) di Amerika Serikat dengan rekor nilai tertinggi dunia sebesar US$162,7 miliar setara dengan US$66 per lembar saham.

Alibaba pun mengantarkan Jack Ma sebagai manusia terkaya di bumi urutan ke-33 versi majalah Forbes. Dia menjadi orang nomor 22 paling berpengaruh di jagat raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sukirno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper