Peta Jalan E-Commerce: Pemerintah Siapkan Payung Hukum

Lukas Hendra TM
Rabu, 10 Februari 2016 | 23:14 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. /Antara
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. /Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah tengah mencari payung hukum untuk menanungi peta jalan bisnis berbasis internet (ecommerce), karena kementerian terkait telah menyetujui gagasan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan pihaknya telah melakukan pembahasan bersama sejumlah kementerian terkait pada Rabu (10/2/2016) siang. Pembahasan tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Dari pembahasan tersebut, lanjutnya, kementerian terkait sudah menyetujui untuk mengadopsi dan setuju tentang gagasan yang disiapkan oleh Kominfo soal peta jalan e-commerce.

“Langkah selanjutnya, nanti disiapkan payung hukumnya seperti apa. Apakah peraturan presiden atau apa,” katanya di Kompleks Istana Negara, Rabu (10/2/2016).

Selain itu, katanya, nantinya akan dibentuk project management office (PMO) di bawah koordinasi Menko Bidang Perekonomian sebagai pelaksananya, kemudian di atas PMO tersebut dibentuk pengarah yang terdiri dari menteri-menteri.

Rudiantara mengatakan PMO nantinya melibatkan kalangan profesional. Pemilihan kalangan profesional tersebut bertujuan untuk menjaga dan memastikan inisiatif bisa berjalan. Jika ada perubahan inisiatif, ujarnya, nantinya berdasarkan persetujuan dari pengarah.

Dia mengungkapkan dalam peta jalan tersebut terdiri atas 7 kelompok yang memiliki sekitar 30 inisiatif. Ketujuh kelompok tersebut adalah bidang logistik, bidang  pendanaan, bidang perlindungan konsumen, bidang infrastruktur komunikasi, bidang perpajakan, bidang sumber daya manusia, dan terakhir bidang  cyber security.

“Masing-masing berbeda inisiatifnya, ada yang lima dan ada yang dua. Total inisiatif kurang lebih 30,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper