Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2018 Seluruh Ibu Kota Kabupaten/Kota Terhubung Broadband

Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan tahun 2018 seluruh ibukota kabupaten/kota di Indonesia sudah terhubung jaringan "broadband", kata Menkominfo Rudiantara.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 29 September 2015  |  12:34 WIB
2018 Seluruh Ibu Kota Kabupaten/Kota Terhubung Broadband
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan tahun 2018 seluruh ibukota kabupaten/kota di Indonesia sudah terhubung jaringan "broadband", kata Menkominfo Rudiantara.

"Saat ini dari sekitar 560 kabupaten/kota, masih kurang sekitar 100 kabupaten/kota yang belum terhubung infrastruktur 'broadband'. Kami targetkan 2018, ibu kota kabupaten/kota harus terhubung 'broadband'," kata Rudiantara di Ruang Rapat Komisi I DPR, Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Hal itu dikatakan Rudiantara saat memaparkan penjelasannya terkait isu-isu aktual dalam Rapat Kerja di Ruang Rapat Komisi I DPR.

Rudiantara menjelaskan Kemenkominfo sudah berbicara dengan operator untuk bisa membangun jaringan infrastruktur "broadband". Namun menurut dia, tidak semua operator membangun jaringan di seluruh wilayah Indonesia karena terbentur masalah keuangan.

"Kami sudah bicara dengan operator karena tidak semua wilayah 'visible' secara keuangan. Operator mengatakan hanya membangun di daerah ini saja," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk wilayah yang tidak dibangun operator, maka akan dibangun kerja sama antara pemerintah dengan swasta.

Skema kemitraan pemerintah dengan badan usaha (KPBU) berdasarkan Perpres No. 38/2015 tentang Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur.

"Wilayah yang tidak dibangun (jaringan 'broadband') oleh operator maka akan dibangun kerja sama pemerintah dan swasta," tuturnya.

Dia menjelaskan saat ini prakualifikasi tender Palapa Ring sudah selesai dan ditargetkan akhir tahun 2015 tender sudah selesai. Karena itu dia meyakini tahun 2018 semua kabupaten/kota sudah terhubung "broadband" infrastruktur.

"Misalnya di wilayah Timur seperti Papua, kami belum tahu karena melihat geografinya. Kami ingin semua wilayah 'fiber optic', namun yang penting kapasitas untuk bisa menyalurkan kapasitas tinggi," ujarnya.

Selain itu Rudiantara juga menjelaskan ada tiga paket Palapa Ring yaitu Paket Barat, Paket Tengah, dan Paket Timur. Menurut dia, Paket Barat mencakup lima kabupaten/kota dengan bentangan serat optik di laut sepanjang 1.122 kilometer.

Paket Tengah meliputi 17 kabupaten/kota dengan bentangan serat optik di darat serta laut sepanjang 1.676 kilometer.

Sementara itu di Paket Timur yang meliputi 35 kabupaten/kota dengan bentangan serat optik sepanjang 5.681 kilometer di laut dan darat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkominfo

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top