PT LEN Gandeng Singapura dan China Bangun Pabrik Serat Optik di Jabar

Abdalah Gifar
Rabu, 29 Juli 2015 | 11:39 WIB
Fiber optik. /fibere.com
Fiber optik. /fibere.com
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG--PT Len Industri (Persero) bekerja sama dengan Newstar Energy International, Pte. Ltd (NEI) dari Singapura dan Ahcof International Development Co. Ltd dari China akan membangun pabrik kabel fiber optik di Len Technopark, Subang, Jawa Barat.

Direktur Utama PT Len Industri Abraham Mose mengatakan akan menggenjot pembangunan pabrik tersebut dengan target awal sudah beroperasi dalam lima bulan ke depan atau pada 2016.

"Karena sudah ada customer di Indonesia yang akan menggunakan produk kami," katanya, Rabu (29/7/2015).

Dia menjelaskan tujuan pembangunan pabrik itu yakni untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, serta ekspansi pasar ke Asia Tenggara karena masifnya pembangunan infrastruktur telekomunikasi di kawasan ini.

"[Pasar dalam negeri] yang saat ini kami nilai cukup besar. Tidak menutup kemungkinan untuk ekspansi. [Penyebab] Salah satunya pembangunan broadband akses menggunakan fiber optik," ujarnya.
 
Perseroan dalam keterangan resminya menerangkan pabrik kabel fiber optik yang akan dibangun di atas lahan seluas 2.500 m2 itu akan meliputi seluruh proses desain, assembly, dan manufaktur.

Penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dilakukan Direktur Utama Len Abraham Mose, Direktur NEI Sari Handayani, Direktur Ahcof Zhu Liang di kantor PT Len Industri Bandung pada hari ini, Rabu (29/7/2015).

Len akan menyediakan lahan pabrik dan utilitasnya, mengatur masalah regulasi dan lisensi produk, menyediakan sumber daya manusia (SDM), melakukan proses produksi dan mencari pasar pemerintah.

NEI berperan untuk pembangunan konstruksi gedung dan pabrik, serta mencari pasar baik swasta lokal maupun di kawasan Asia. Sementara Ahcof akan berperan sebagai penyedia mesin dan peralatan produksi, serta raw materials produk untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Abdalah Gifar
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper