Kenapa Telkomsel Memilih Uji Coba Layanan 4G LTE di Makassar?

Wiwiek Dwi Endah
Selasa, 7 Juli 2015 | 19:47 WIB
Ilustrasi/kampusit
Ilustrasi/kampusit
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan melakukan Network Drive Test atau uji coba jaringan di gerbang mudik kota Makassar dan sekitarnya, yaitu di bandara, pelabuhan dan terminal angkutan darat untuk menjamin kenyamanan komunikasi para pelanggan.

GM ICT Network Regional Telkomsel Sulawesi, Noviandri mengatakan kesiapan jaringan yang meliputi jalur darat, gerbang laut, gerbang udara dan kota Makassar tercatat prima.

"Hasil uji coba jaringan memperlihatkan bahwa kami siap melayani pelanggan selama Ramadan dan Lebaran. Di masa-masa menjelang mudik dan saat Lebaran, lonjakan trafik akan mencapai puncaknya," kata Noviandri di sela-sela uji coba jaringan di kota Makassar, Selasa (7/7/2015).

Dia mengatakan, untuk layanan data dapat dipastikan sebagai layanan yang akan mengalami peningkatan paling tinggi, mengingat semakin banyaknya pelanggan yang saat ini menggunakan layanan data untuk aplikasi-aplikasi di ponselnya.

Pada masa Ramadan dan Lebaran tahun ini, pihaknya memprediksi di Sulawesi akan terjadi lonjakan trafik di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa.

Lonjakan trafik kata dia, akan terjadi terutama pada layanan SMS yang berkisar antara 15% - 25% mencapai 120 juta SMS dan layanan Data yang akan melonjak naik antara 10% - 20% menembus 125 Tera Byte. Untuk total area Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan (Pamasuka), prediksi lonjakan layanan SMS mencapai 220 juta SMS dan layanan data mencapai 320 Tera byte.

Dia juga menuturkan, seperti yang biasa dilakukan di tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut akan diantisipasi dengan ketersediaan Visitor Location Register (VLR) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang kota-kota mudik Sulawesi dan beberapa lokasi tujuan mudik, telah disediakan kelonggaran sebesar 40% - 60%, seperti di Sulawesi Selatan dengan kelonggaran kapasitas sebesar 47%, Sulawesi Barat sebesar 46%, Sulawesi Tengah sebesar 47%, Sulawesi Utara sebesar 48% dan Gorontalo sebesar 56%.
"Hal ini akan membantu pelanggan untuk tetap dapat terhubung dengan layanan Telkomsel," ucapnya.

Di lokasi-lokasi yang mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi lanjut Noviandri, pihaknya akan memaksimalkan kapasitas dan juga menyiagakan sebanyak 12 unit COmpact Mobile BAse sTation (COMBAT) tambahan dari total 42 COMBAT untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data di lokasi-lokasi yang padat pengunjung.

Adapun, pembangunan Base Transceiver Station (BTS) yang dilakukan anak usaha emiten berkode TLKM ini sepanjang tahun di berbagai daerah di Indonesia, diharapkan juga akan mendukung primanya jaringan selama masa Ramadan dan Lebaran.

Dia menyebutkan, hingga saat ini Telkomsel Sulawesi telah memiliki 8.900 BTS di berbagai penjuru wilayah, di mana sekitar 50% di antaranya merupakan BTS 3G yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 60 Gbps (Giga bit per second).

“Untuk meningkatkan layanan Broadband selama periode Ramadan dan Lebaran, kami juga melakukan program True Broadband Experience (TrueBEx) yang akan memberikan pelanggan kenyamanan dalam mengakses layanan data. Kami akan fokus melakukan perbaikan kualitas dan kapasitas di titik-titik keramaian mengingat lonjakan layanan di lokasi-lokasi tersebut cukup tinggi, sehingga perlu diimbangi dengan ketersediaan jaringan dan layanan yang baik," paparnya.

Sementara itu, Telkomsel Regional Sulawesi telah mengidentifikasi sebanyak 64 titik hotspot atau Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness Areas dan Massive Areas (PREMIUM).

Dia menambahkan, kesiapan akan layanan data juga termasuk pada layanan Telkomsel 4G LTE, di mana saat ini telah didukung oleh lebih dari 150 eNode B (BTS 4G) yang tersebar di kota Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper