Ponsel Pintar Jatuh ke Dalam Air, Jangan Panik! Segera Lakukan Ini

Thomas Mola
Sabtu, 30 Mei 2015 | 14:12 WIB
Bagikan

Ponsel Pintar Jatuh ke Dalam Air, Jangan Panik! Lakukan Tips ini

Bisnis.com, JAKARTA - Ponsel pintar sudah menjadi salah satu kebutuhan penting di era modern. Banyak hal dapat dilakukan dengan ponsel pintar mulai dari browsing, email, pesan dan lainnya.

Semakin pentingnya peran ponsel pintar, kehilangan atau jatuh ke dalam air bisa menjadi masalah serius, setidaknya membuat panik.

Apa yang harus dilakukan jika ponsel pintar kita jatuh ke dalam air? Berikut beberapa tips yang disajikan Yahoo Tech.

Ketika ponsel pintar jatuh ke dalam air, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah segera mengeluarkan dari dalam air. Semakin lama terendam semakin berisiko kerusakan parah terutama pada mesin atau jeroan ponsel.

Pasalnya, semakin lama terendam kemungkinan air masuk ke dalam ponsel semakin besar. Apalagi jatuh ke dalam air laut yang mengandung garam, ponsel harus segera diambil atau dikeluarkan dari dalam air.

Setelah mengeluarkan ponsel pintar dari dalam air, sebisa mungkn segera matikan ponsel. Membuat ponsel anda basah dan tetap hidup adalah cara paling singkat untuk merusak ponsel. Jika layar ponsel anda mati ketika berada dalam air, pastikan bahwa ponsel pintar itu mati total dengan cara menekan tombol power. Jika tidak hidup, pertahankan itu.

Setelah mematikan ponsel hal yang harus dilakukan selanjutnya ialah mengeringkan ponsel. Jika baterai ponsel pintar bisa dilepas, segera melepas baterai. Hal yang sama juga dilakukan untuk SIM card, segera melepaskan SIM card. Jika beberapa bagian lain bisa dilepas, lepaskan juga dengan tujuan membiarkan udara masuk ke dalam perangkat.

Jangan mencoba mengeringkan ponsel menggunakan pengering rambut karena panas yang dihasilkan dapat merusak komponen dalam ponsel. Jangan juga mencoba memasukkan ponsel dalam oven atau freezer karena juga dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Jika tampilan luar ponsel pintar sudah kering, bukan berarti bagian dalam ponsel telah kering. Untuk memastikan, pengguna bisa menguburkan ponsel di dalam beras. Beras terbukti mampu menyerap kelembapan yang terjebak dalam ponsel sehingga dipastikan kering di dalamnya.

Langkah selanjutnya setelah dipastikan kering yakni mencoba menghidupkan ponsel pintar. Cobalah untuk mengisi baterai, jika hidup maka ponsel dalam keadaan bagus. Namun, perlu dicatat, kehadiran sisa air di dalam ponsel dalam jangka panjang dapat menyebabkan komponen menjadi karat dan berdampak pada kerusakan selanjutnya atau perlu didaur ulang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper