GERHANA BULAN TOTAL 8 OKTOBER: Sepanjang Tahun Ini Ada 4 Kali Peristiwa Gerhana

Herdiyan
Rabu, 8 Oktober 2014 | 08:38 WIB
Bagikan

Bisnis.com, MANADO—Pada hari ini (8/10), kita akan menyaksikan salah satu bukti kekuasaan Sang Maha Pencipta, yakni terjadinya gerhana bulan total (GBT).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana ini dapat diamati dari Amerika, Samudra Pasifik, Australia, dan Asia (kecuali Asia Barat).

Selain terjadi pada 8 Oktober, peristiwa gerhana ini ternyata diprediksi berlangsung empat kali pada tahun ini, yakni dua kali gerhana bulan total, satu kali gerhana matahari cincin, dan satu lagi gerhana matahari sebagian. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Gerhana Bulan Total 15 April

Gerhana ini dapat diamati dari wilayah Indonesia kecuali Jawa bagian Barat, Kalimantan bagian Barat dan Sumatera. Gerhana ini dapat diamati juga dari Afrika bagian Barat, Eropa bagian Barat, Samudra Atlantik, Amerika, Samudra Pasifik, Asia Timur, dan Filipina.

2. Gerhana Matahari Cincin 29 April

Gerhana tersebut dapat diamati dari wilayah Yogyakarta, Jawa Timur bagian Selatan, Bali dan Nusa Tenggara berupa Gerhana Matahari Sebagian. Selain dari Indonesia, gerhana ini dapat diamati juga dari Australia, Samudra Hindia bagian Selatan, dan Antartika.

3. Gerhana Bulan Total 8 Oktober

Gerhana ini dapat diamati dari wilayah Indonesia. Gerhana ini dapat diamati juga dari Amerika, Samudra Pasifik, Australia dan Asia kecuali Asia Barat.

4. Gerhana Matahari Sebagian 23 Oktober

Setelah gerhana bulan total pada hari ini, akan ada satu peristiwa alam lagi, yakni gerhana matahari sebagian yang diprediksi terjadi pada 23 Oktober.

IKUTI LAPORAN LIVE GERHANA BULAN TOTAL DI SINI: klik tautan ini http://industri.bisnis.com/read/20141008/84/262905/gerhana-bulan-total-8-oktober-dari-kota-kota-ini-anda-dapat-menyaksikan-secara-sempurna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Herdiyan
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper