Microsoft Pangkas Harga Windows 8.1

Lukas Hendra TM
Sabtu, 22 Februari 2014 | 13:34 WIB
Microsoft mencoba mengakali dengan menawarkan insentif bagi para pembuat PC untuk menjual model yang lebih murah. /bisnis.com
Microsoft mencoba mengakali dengan menawarkan insentif bagi para pembuat PC untuk menjual model yang lebih murah. /bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tak ingin pasar sistem operasi PC diambil alih Apple dan Google, Microsoft berencana memangkas harga penjualan Windows 8.1 hingga 70% bagi para produsen komputer dan produsen tablet.

Persaingan kuat dari Apple Inc (AAPL) dan Google memotong pendapatan kuartal terakhir 2013 pada perangkat Microsoft dan divisi perizinan konsumen yang meliputi perangkat lunak Windows.

Pembukuan industri komputer menunjukkan Microsoft mengalami penurunan penjualan tahunan terbesar. Untuk itu, Microsoft mencoba mengakali dengan menawarkan insentif bagi para pembuat PC untuk menjual model yang lebih murah sehingga dapat meningkatkan pangsa dari US$80 miliar pada pasar tablet dan mencegah Chromebooks, notebook yang menjalankan sistem operasi Google .

Berdasarkan ketentuan baru, produsen akan dikenakan biaya US$15 untuk lisensi Windows 8 preinstall pada perangkat yang dijual kurang dari US$250. Sebelumnya, produsen harus merogoh kocek hingga US$50. Keputusan Microsoft sudah bulat, meskipun banyak produsen mampu membayar US$30.

Produsen dan penrusahaan pengembang perangkat lunak berpendapat Windows 8 bergerak pada kecepatan yang lebih lambat dari Windows 7. Di sisi lain, dalam beberapa tahun terakhir, penjualan notebook dan PC desktop telah menurun seiring meningkatnya popularitas tablet lebih portable. Padahal, untuk pasar tablet sejauh ini Google dan Apple telah mendominasi ketimbang Microsoft.

Apple sebagai vendor teratas di pasar PC telah menjual tablet, notebook dan desktop lebih banyak dari produsen lain. Firma riset Canalys memperkirakan tablet akan mempengaruhi pengapalan PC pada 2014 hingga 50%.

Canalys memprediksi Apple akan mengambil 30% dari pengiriman tablet, Google Android mengambil 65% dari pengiriman tablet dan Microsoft hanya mengambil 5% dari pengiriman tablet .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Macrumors.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper