APPLE Bangun Kantor Pusat Baru, Libatkan 23.000 Pekerja

Rabu, 5 Juni 2013 | 07:57 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Apple Inc berencana menambah jumlah pekerjanya hingga 46% menjadi 23.400 orang di daerah asalnya Cupertino, California, membayarkan gaji US$2,9 miliar per tahun setelah kantor pusat barunya yang megah rampung pada 2016.

Produsen iPone dan iPad itu memproyeksikan gaji terendah pekerja Cupertino akan meningkat dengan persentase yang sama, dari US$2 miliar tahun lalu. Data itu termasuk dalam laporan 82 halaman yang diterbitkan Apple mengenai dampak proyek yang disebut dengan Campus 2 tersebut.

Kantor pusat baru itu, salah satu dari proyek terakhir pendiri Apple Steve Job sebelum meninggal pada 2011, berbentuk donat dengan bangunan utama seluas 2,8 juta kaki persegi atau dua pertiga luas Pentagon, dikelilingi dinding luar 40 kaki dari kaca konkaf dari Jerman. Apple akan menambah 6.000 pohon dan menyembunyikan jalan dan ruang parkir di bawah tanah.

Kampus itu juga memerlukan 9.000 pekerja konstruksi dan memberikan masukan pajak dan sumbangn senilai US$38,1 juta untuk kota tersebut. Pajak yang dibayarkan oleh Apple mencapai 18% dari dana umum Cupertino pada 2012, menurut laporan itu, yang dipersiapkan oleh perusahaan konsultasi Keyser Marston Associates Inc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis :
Editor :
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper