TRANSFER INTERNET: Konverter ADC Baru Memperkilat Proses

Ismail Fahmi
Kamis, 28 Maret 2013 | 04:28 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA— Tim peneliti IBM dan Microelectronics Systems Laboratory EPFL berhasil mengembangkan generasi terbaru konverter analog-to-digital converter (ADC). Penemuan itu memungkinkan transfer data melalui Internet lebih cepat.

File gambar, audio dan video dapat dikirim lebih cepat dengan kebutuhan daya lebih sedikit. Penemuan itu diumumkan dalam International Solid-State Circuits Conference di San Francisco, AS belum lama ini.

File yang dikirim melalui Internet terlebih dahulu diubah menjadi informasi digital dalam format biner berseri terdiri dari nol dan satu yang merepresentasikan sinyal listrik. Namun ukuran file dewasa ini yang diperkirakan tumbuh 60% per tahun membuat teknologi konverter yang ada kewalahan.

“Kebanyakan ADC saat ini tidak didesain untuk ukuran data yang besar seperti sekarang ini,” ujar Martin Schmatz, Kepala Systems Department IBM Research Center seperti dilansir website resmi EPFL, Rabu (27/3).

Adapun teknologi yang dikembangkan IBM dan EPFL diklaim dapat melakukan konversi satu miliar analog per detik dengan total konsumsi listrik hanya 3.1 milliwatts (mW).

Konsumsi listrik itu 30 kali lebih kecil dari konsumsi listrik ponsel dalam kondisi standby. Kondisi tersebut dapat meningkatkan kecepatan koneksi Internet hingga 100 gigabits per detik atau dua kali lebih besar dari koneksi saat ini. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Others
Sumber : Galih Kurniawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper