LEDAKAN TRAFIK: Alcatel Tingkatkan Kapasitas Fiber Jadi 4 Terabyte/Detik

Rabu, 23 Januari 2013 | 20:00 WIB
Bagikan

JAKARTA-Alcatel-Lucent tengah memperbarui besar-besaran sistem kabel bawah laut digital trans Pasifik sepanjang 9.600 km dengan menggunakan teknologi koheren.

 

Sistem kabel milik lima penyedia layanan besar itu menyediakan koneksi langsung dari pantai Timur Jepang ke California. Pembaruan ini akan memberikan tambahan kemampuan beberapa terabyte  untuk mengatasi ledakan trafik data.

 

Ledakan trafik didorong penggunaan ponsel pintar dan tablet serta peningkatan aplikasi video dan pergeseran kegiatan perusahaan-perusahaan ke awan. Fase pertama dari pembaruan ini akan meningkatkan kemampuan sistem sebesar 1 terabyte per detik.

 

Siaran pers yang diterima Bisnis, hari ini (23/1) menyebut penelitian terakhir TeleGeography menemukan jumlah kemampuan terpakai trans Pasifik akan meningkat pada tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR) 2013-2018 sebesar 36%.

 

Dengan sistem yang awalnya dirancang untuk kapasitas tertinggi sebesar 960 gigabyte per detik (Gbit/s) per pasang fiber, pembaruan ini meningkatkan empat kali lipat kapasitas rancangan asli, dengan menggunakan teknologi koheren dari Alcatel-Lucent.

 

Teknologi itu dapat memberikan kemampuan tertinggi hingga 4 terabyte per detik (Tbit/s) per pasang fiber, setara dengan kurang lebih 500.000 saluran HDTV secara bersamaan.

 

Philippe Dumont, Presiden Alcatel-Lucent Submarine Networks mengatakan Carrier, penyedia layanan, penyedia konten dan multimedia sedang meningkatkan jaringan mereka untuk mendukung aplikasi Internet dan pusat data, seraya melindungi investasi mereka.

 

Solusi bawah laut Alcatel-Lucent mampu memberikan kemudahan pembaruan dan skalabilitas hingga kemampuan multi-terabyte, menawarkan migrasi terpadu yang menggabungkan kelebihan-kelebihan teknologi dan ekonomi.

 

Pembaruan ini akan memungkinkan pelanggan menerima layanan lebih cepat dari sebelumnya. (foto: itp.net/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis :
Editor : Yusran-nonaktif
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper