BISNIS TI: Penggunaan internet di Indonesia minim, pengembangan konten lokal juga minim

Rabu, 23 Januari 2013 | 13:16 WIB
Bagikan

JAKARTA--Infrastruktur dan konten lokal menjadi kendala masih minimnya penggunaan internet di Indonesia.

Menurut Krishna Zulkarnain, Country Marketing Manager Google Indonesia, kendala lainnya adalah karena terbatasnya biaya dan belum tersedianya alat penunjangnya.

Pada tahun lalu, baru ada 24,2% dari sekitar 63 juta orang yang menggunakan internet lebih dari 3 jam per hari di Indonesia selama 2012.

"Penggunaan internet di Indonesia memang belum sebanyak di negara lain, terutama karena faktor konten lokalnya yang sangat minim," ujarnya, Rabu (23/1).

Namun, dia menjelaskan target 100 juta pengguna internet di Indonesia dengan jangka waktu penggunaan lebih dari 3 jam dapat tercapai pada 2015.

Krishna menilai pertumbuhan pengguna internet dalam jangka waktu penggunaan lebih dari 3 jam di negara lain jauh lebih banyak dibandingkan dengan di Indonesia, seperti di Thailand, India, dan Vietnam.

Demikian juga untuk jumlah orang yang melihat video di situs You Tube di Indonesia hanya 1 juta orang per menit pada saat ini.

Angka itu, dia menambahkan jauh di atas pengguna video di India yang menyaksikan situs You Tube per menit dalam satu kuartalnya lebih dari 23 kali dibandingkan dengan Indonesia.

"Untuk itu, diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah dan pengguna Google agar internet tidak hanya sebagai media sosial, tapi sebagai kebiasaan," tuturnya. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper