Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KASUS INDOSAT-IM2: Denda Rp1,3 Triliun Bisa Akibatkan Kiamat Internet

JAKARTA—Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menegaskan kasus Indosat –IM2 dapat berdampak sistemik pada perekonomian Indonesia, karena Internet telah menjadi bagian penting kegiatan ekonomi serta pendidikan.Ketua Umum Mastel Setyanto
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 Januari 2013  |  11:40 WIB

JAKARTA—Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menegaskan kasus Indosat –IM2 dapat berdampak sistemik pada perekonomian Indonesia, karena Internet telah menjadi bagian penting kegiatan ekonomi serta pendidikan.

Ketua Umum Mastel Setyanto P. Santosa mengatakan kasus itu bisa berdampak pada 200 perusahaan pelayanan jasa Internet. Mereka semua terancam tidak dapat beroperasi.

“Kasus ini menempatkan mereka juga di bawah Undang-Undang dan harus membayar seperti IM2. Kalau itu terjadi bisa terjadi kiamat Internet di Indonesia,” ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi I DPR, Selasa (22/1/2013).

Setyanto menjelaskan dari data yang diperoleh, pendapatan IM2 sebagai Internet Service Provider (ISP) pada 2011 mencapai Rp300 miliar dengan profit 10%-20% dan aset Rp800 miliar.

Menurutnya, jika denda untuk membayar BHP Rp1,3 triliun dikenakan, IM2 akan langsung bangkrut. “Padahal selama ini IM2 adalah salah satu ISP terbesar. Yang lain mungkin pendapatan masih di bawah Rp10 miliar,” imbuhnya. (bas)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Galih Kurniawan

Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top