Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SOFTWARE KOMPUTER: Open Source Dinilai Hemat & Aman

JAKARTA—Peranti lunak (software) open source dinilai potensial untuk diaplikasikan di ranah korporat dan pemerintahan. Selain potensi penghematan, software semacam ini juga dinilai aman karena mendapat dukungan komunitas.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Januari 2013  |  20:29 WIB

JAKARTA—Peranti lunak (software) open source dinilai potensial untuk diaplikasikan di ranah korporat dan pemerintahan. Selain potensi penghematan, software semacam ini juga dinilai aman karena mendapat dukungan komunitas.

Pengajar Universitas Gunadarma sekaligus pegiat open source I Made Wiryana mengatakan efisiensi dapat dilakukan karena pengguna open source tidak harus berurusan dengan lisensi seperti yang digunakan software proprietary. Keuntungan itu semakin bertambah lantaran ketersediaan program tambahan (add on) yang mudah ditemukan seiring pengembangan yang dilakukan sejumlah komunitas.

“Itu penting karena upgrade software proprietary butuh biaya lagi terlepas dari pembelian lisensi. Artinya komponen biayanya lebih besar,” kata dia kepada Bisnis hari ini, Senin (21/1/2013).

Dia menambahkan, pengguna software open source juga diuntungkan dengan potensi kustomisasi yang lebih leluasa lantaran kode terbuka dan dapat dimodifikasi. Menurut dia, hal itu akan terasa dampaknya pada perusahaan dengan skala kecil.

Jika mereka menggunakan software proprietary, kebutuhan biaya akan lebih besar dan tidak sebanding dengan jumlah karyawan yag ada.

Wiryana mencontohkan biaya untuk membeli lisensi salah satu software proprietary saat ini bisa mencapai US$100-US$500 per unit. Jumlah itu akan lebih besar seiring bertambahnya jumlah karyawan yang menggunakan perangkat komputer.

Adapun dari sisi keamanan, kata dia, software dengan kode terbuka justru lebih teruji. Kemunculan bug atau celah keamanan akan mudah diketahui dan diperbaiki ketimbang software dengan kode tertutup. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Galih Kurniawan

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top