SOFTWARE KOMPUTER: Open Source Dinilai Hemat & Aman

News Editor
Senin, 21 Januari 2013 | 20:29 WIB
Bagikan

JAKARTA—Peranti lunak (software) open source dinilai potensial untuk diaplikasikan di ranah korporat dan pemerintahan. Selain potensi penghematan, software semacam ini juga dinilai aman karena mendapat dukungan komunitas.

Pengajar Universitas Gunadarma sekaligus pegiat open source I Made Wiryana mengatakan efisiensi dapat dilakukan karena pengguna open source tidak harus berurusan dengan lisensi seperti yang digunakan software proprietary. Keuntungan itu semakin bertambah lantaran ketersediaan program tambahan (add on) yang mudah ditemukan seiring pengembangan yang dilakukan sejumlah komunitas.

“Itu penting karena upgrade software proprietary butuh biaya lagi terlepas dari pembelian lisensi. Artinya komponen biayanya lebih besar,” kata dia kepada Bisnis hari ini, Senin (21/1/2013).

Dia menambahkan, pengguna software open source juga diuntungkan dengan potensi kustomisasi yang lebih leluasa lantaran kode terbuka dan dapat dimodifikasi. Menurut dia, hal itu akan terasa dampaknya pada perusahaan dengan skala kecil.

Jika mereka menggunakan software proprietary, kebutuhan biaya akan lebih besar dan tidak sebanding dengan jumlah karyawan yag ada.

Wiryana mencontohkan biaya untuk membeli lisensi salah satu software proprietary saat ini bisa mencapai US$100-US$500 per unit. Jumlah itu akan lebih besar seiring bertambahnya jumlah karyawan yang menggunakan perangkat komputer.

Adapun dari sisi keamanan, kata dia, software dengan kode terbuka justru lebih teruji. Kemunculan bug atau celah keamanan akan mudah diketahui dan diperbaiki ketimbang software dengan kode tertutup. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Galih Kurniawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper