Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Masih ada infrastruktur TI tak berfungsi

JAKARTA: Kementerian Komunikasi dan Informatika mengakui sampai saat ini masih ada infrastruktur telekomunikasi dan informasi di lokasi banjir Jakarta yang sempat tidak berfungsi atau OFF dan bahkan masih ada yang OFF."Bahwasanya di lapangan ada
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Januari 2013  |  09:31 WIB

JAKARTA: Kementerian Komunikasi dan Informatika mengakui sampai saat ini masih ada infrastruktur telekomunikasi dan informasi di lokasi banjir Jakarta yang sempat tidak berfungsi atau OFF dan bahkan masih ada yang OFF.

"Bahwasanya di lapangan ada sejumlah infrastruktur telekomunikasi di lokasi banjir yang sempat OFF dan bahkan masih ada yang OFF adalah betul," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, Gatot S. Dewa Broto, dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin (21/01).

Menurut Gatot Dewa Broto, hal itu semata-mata disebabkan karena akibat langsung dari banjir.

Gatot mencontohkan, ada fiber optic yang sempat terputus karena kelangkaan catu daya listrik akibat pemadaman listrik oleh PLN dan sejumlah area tertentu yang masih tergenang banjir.

"Namun demikian, seluruh penyelenggara telekomunikasi telah melakukan upaya optimal untuk mulai dari mobilisasi penyediaan genset, perbaikan jaringan dan kontinuitas pengawasan terhadap titik-titik tertentu yang berpotensi masih dalam tahap recovery," katanya.

Dengan demikian, kata dia, upaya maksimal tersebut cukup efektif untuk memulihkan kondisi layanan telekomunikasi.

"Terhadap sejumlah lokasi banjir yang masih menjadi perhatian publik, seperti halnya di Kampung Melayu dan sekitarnya, Jatinegara, Kalibata, Cengkareng, Penjaringan dan Pluit serta berbagai wilayah yang masih tergenang banjir lainnya, maka Kementerian Kominfo tetap terus berkomunikasi dengan para penyelenggara telekomunikasi untuk tetap memberi perhatian khusus," katanya.

Aksi sosial Pihaknya juga menyarankan para operator telekomunikasi untuk melakukan aksi sosial dan hal itu sudah dan sedang berlangsung pelaksanaannya.

Sebelumnya, kementeriannya juga meminta para penyelenggara telekomunikasi untuk mempublikasikan nomor call center mereka agar bila ada gangguan masyarakat mudah mengontak langsung layanan operator.

"Jika fakta di lapangan tidak seperti yang dilaporkan, maka masyarakat umum dapat menyampaikan keluhannya ke Call Center BRTI pada jam kerja di nomor 159 dan juga ke Twitter @gsdewabroto," katanya.

Pihaknya mencatat hingga Minggu (20/1) jam 17.00 WIB layanan sejumlah operator relatif baik. Dari hasil laporan resmi, layanan telekomunikasi PT Telkom dapat berfungsi baik, dan demikian pula dengan kualitas layanan internet.

Sementara layanan telekomunikasi Telkomsel secara umum berjalan normal. Untuk kualitas layanan internet secara umum tidak terjadi penurunan kualitas layanan di wilayah Jabodetabek.

Posisi Layanan voice dan SMS dari PT HCPT masih terjaga sesuai dengan standar kualitas layanan dasar (QoS). Demikian juga untuk layanan internet yang tidak mengalami gangguan ke pelanggan.

Kondisi layanan telekomunikasi PT Indosat secara umum juga tetap berjalan dengan baik dengan layanan internet juga tetap dalam kondisi baik. Sementara itu, layanan telekomunikasi PT XL Axiata tetap berjalan dengan baik dan normal.

PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia juga secara umum tetap berfungsi normal dan hanya saja ada 2 BTS yang OFF karena kelangkaan suplai energi dari PLN dan demikian pula internet tetap berfungsi normal. (Antara/Bsi)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top