PANGSA PASAR PC: Lenovo Pimpin Pasar Asia Pasifik

News Editor
Minggu, 20 Januari 2013 | 20:15 WIB
Bagikan

JAKARTA--Lenovo kembali menjadi pemimpin pasar personal computer (PC) di Asia Pasifik selama 2012 dengan pangsa pasar 24,6%. Meski demikian, riset IDC menunjukkan pasar PC di Asia Pasifik, tidak termasuk Jepang, menurun 2% sepanjang 2012.

Dalam siaran persnya, Sabtu (19/1), Senior Analyst for Client Devices Research IDC Avinash K. Sundaram mengatakan penurunan ini disebabkan dampak kondisi buruk ekonomi global yang pelan-pelan mulai menjangkiti Asia Pasifik. Kondisi tersebut berpengaruh signfikan terhaap permintaan PC pada segmen konsumer dan komersial.

Selain itu, penurunan ini juga disebabkan oleh maraknya ponsel pintar dan tablet khususnya pada kuartal IV/2012. Pada kuartal tersebut, angka pasar PC Asia Pasifik berada 4% di bawah prediksi IDC dengan penurunan 5% YoY.

"Beberapa inisiatif produk terbaru seperti Ultraboo dan Windows 8 belum mampu membangkitkan pangsa pasar PC seperti yang diharapkan. Untuk itu, IDC mengekspektasikan pasar PC ke depan masih stagnan," kata Sundaram.

Lebih lanjut, Sundaram mengingatkan bahwa pasar PC Asia Pasifik masih memiliki nilai yang cukup besar yakni lebih dari US$60 miliar.

Membayangi posisi Lenovo, ada Acer dengan pangsa pasar 10,1%, HP 8,9%, Dell 8,7%, dan Asus 7,5%. Adapun selama 2012, Lenovo mengalami pertumbuhan sebesar 11%, Acer -11%, HP -8%, Dell -15%, dan Asus 18%. (34/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Sumber : Febriany D.A. Putri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper