Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TREN KONSUMEN: Komputasi Awan Makin Dibutuhkan

Ratna Ariyanti
Ratna Ariyanti - Bisnis.com 16 Januari 2013  |  14:46 WIB
JAKARTA: Teknologi komputasi awan atau cloud computing kian menjadi kebutuhan konsumen pada tahun ini.
 
Ericsson ConsumerLab, dalam riset teranyar mengenai 10 tren konsumen terkini pada 2013, menyebutkan cloud membentuk kebutuhan pada perangkat pendukung. 
 
Lebih dari 50% pengguna tablet dan di atas 40% pengguna ponsel cerdas menginginkan kemudahan akses aplikasi dan data yang lebih mudah di beberapa perangkat. Teknologi komputasi awan membantu mewujudkan hal ini.
 
10 Tren ini merupakan hasil dari beberapa studi yang dilakukan dengan melibatkan lebih dari 100.000 orang yang tersebar di 40 negara.
 
"Apa yang tersaji di dalam tren konsumen ini juga terjadi di Indonesia. Perkembangan teknologi membentuk tren yang sama di level global," ujar VP Marketing & Communication Ericsson Indonesia Hardyana Syintawati, dalam pemaparan tren konsumen, pada Rabu (16/1/2013).
 
Selain komputasi awan, riset ini juga menemukan bahwa komputasi untuk berbagai pekerjaan juga semakin meningkat. Konsumen akan lebih memilih untuk membeli perangkat mobile, seperti tablet ketimbang desktop personal computer.
 
Tren konsumen terkini lainnya adalah para pekerja semakin memanfaatkan broadband di kantor. Sebanyak 57% pengguna ponsel cerdas misalnya menggunakan layanan pribadi di tempat kerja. Akses ini bukan termasuk layanan yang dibiayai kantor.
 
Selain itu, masyarakat perkotaan kian mobile. Para penduduk perkotaan mengakses Internet dimana pun. 
 
Tren lain yang juga masuk dalam temuan Ericsson ConsumerLab adalah perempuan menjadi pendorong pasar smartphone, in-line shopping, televisi sebagai sarana sosial, dan perubahan dalam proses pembelajaran.
 
(faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top