Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah 10 Scam Pengintai Pengguna Facebook

News Editor
News Editor - Bisnis.com 15 Januari 2013  |  17:36 WIB
JAKARTA--ESET Indonesia merilis 10 daftar scam (penipuan) yang mengintai para pengguna Facebook. Scam bisa berupa pesan yang menyatakan pengguna Facebook harus memverifikasi akunnya atau berupa aplikasi.
 
Technical Consultant PT Prosperita ESET Indonesia Yudhi Kukuh dalam siaran persnya menyebutkan scam di Facebook dapat dengan mudah dan cepat menyebar dari wall ke wall. Pelaku scam juga akan melakukan segala cara untuk menjerat korban. Yudhi menyebutkan banyak pengguna Facebook yang akhirnya terinfeksi Trojan, virus, dan malware lainnya.
 
"Dampak scam di Facebook bermacam-macam, tapi sebagian besar akan berujung pada iklan. Ada pula beberapa scam yang benar-benar berbahaya, dapat mencuri akun Facebook hingga menguras dompet," kata Yudhi.
 
Berikut adalah 10 scam yang selalu mengintai para pengguna Facebook :
 
1. Profile viewer dan profile blocker
Scam ini mengaku mampu menunjukkan siapa saja yang mengintip profil pengguna di Facebook dan siapa saja yang memblok pengguna. Padahal Facebook tidak pernah memberi akses data yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi ini.
 
2. Penawaran iPad dan iPhone gratis
Penawaran ini merupakan trik pemasaran. Scam serupa juga berlaku untuk produk selain Apple.
 
3. Gratis Facebook credit
Scam ini memiliki target para pengguna Facebook yang gemar bermain game. Credit yang dimaksud adalah yang bisa digunakan untuk membeli item di permainan Farmville, Cityville, dan lainnya.
 
4. Promosi produk, voucher, dan tiket gratis
Scam seperti ini biasanya berupa iklan tiket atau ponsel pintar murah yang mengaku asal Batam. Scam jenis ini sangat populer di Indonesia.
 
5. Foto dan berita heboh
Scam seperti ini selalu menjerat korban melalui promosi berita dengan label eksklusif, di antaranya foto seksi artis, kasus pidana, dan lainnya.
 
6. Upaya phising untuk mencuri data login
Scam ini memberi notifikasi kepada pengguna, seakan-akan notifikasi tersebut langsung berasal dari pihak Facebook. Scam jenis ini juga diterapkan di beberapa situs selain Facebook. 
 
7. Fitur baru atau bonus
Tombol dislike, aplikasi untuk mengganti warna halaman profil Facebook, aplikasi untuk melihat siapa saja yang mengubah status pertemanan adalah scam yang berbentuk fitur baru atau bonus. Alih-alih mendapatkan aplikasi fitur tambahan, pengguna akan terkena adware dan malware yang biasanya disertakan bersama plugin.
 
8. Tipuan judul berita bombastis
Berita dengan judul "Gelombang Tsunami Fukushima" atau yang menyertakan kata "heboh" dan "Oh My God (OMG)" jelas berusaha memancing pengguna. Scam jenis ini biasanya diikuti dengan permintaan pengguna untuk mengisi survei atau video tipuan.
 
9. Cerita bohong tentang artis atau orang terkenal
Scam ini berbentuk berita gosip mengenai artis atau orang terkenal. Scam ini mudah menyebar cepat karena pengguna membaginya ke teman sebelum membaca atau memverifikasi berita.
 
10. Permintaan bantuan
Scam ini berbentuk permintaan bantuan atau uang dari teman pengguna yang mengaku terdampar atau tersesat di suatu daerah. Biasanya hal ini terjadi karena akun teman dibajak oleh pelaku scam.
 
"Diperlukan perhatian dan pemahaman saat melihat berbagai bentuk scam di Facebook. Sebaiknya pengguna berhenti melakukan aktivitas seperti mengklik gambar yang mencurigakan. Aktifkan juga aplikasi Facebook scanner untuk mengantisipasi dan gunakan produk antivirus dengan pembaruan," pungkas Yudhi.
 
(Faa)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Febriany D.A. Putri

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top