Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PONSEL PINTAR: Menjadi Fokus Bisnis Tiphone Mobile

JAKARTA -- PT Tiphone Mobile Tbk, penyedia ponsel dan tablet lokal, akan fokus di lini bisnis ponsel pintar pada 2013.  Selama ini perusahaan dikenal sebagai penyedia ponsel fitur.
Erly Rusiawati
Erly Rusiawati - Bisnis.com 17 Desember 2012  |  19:48 WIB

JAKARTA -- PT Tiphone Mobile Tbk, penyedia ponsel dan tablet lokal, akan fokus di lini bisnis ponsel pintar pada 2013.  Selama ini perusahaan dikenal sebagai penyedia ponsel fitur.

Vice President Sales & marketing PT Tiphone Mobile Tbk Charles Sigarlaki mengatakan mulai Maret tahun depan perusahaan gencar mengeluarkan ponsel pintar bersistem operasi Android.

"Hingga akhir tahun ini kami menargetkan pendapatan ponsel pintar 10% ke pendapatan perusahaan. Pendapatan dari ponsel fitur memang masih mendominasi," kata Charles kepada Bisnis usai peluncuran Tiphone GSM-HOME, Senin (17/12).

Perusahaan menargetkan total pendapatan perusahaan mencapai Rp8 triliun. Mengutip data Growth for Knowledge (GfK), Charles menyebut pangsa pasar penjualan ponsel pintar di Indonesia sebesar 27%, sisanya ponsel fitur.

Karena pasar ponsel fitur masih lebih besar dari ponsel pintar, perusahaan tetap menggarap ponsel fitur. Perhitungan Charles, penduduk Indonesia yang mayoritas menengah ke bawah lebih cepat menyerap ponsel berharga jual di bawah Rp1 juta. Harga ini mudah ditemui di produk ponsel fitur.

Data GfK per Oktober 2012, pangsa pasar penjualan ponsel berharga jual kurang dari Rp1 juta di pasar Indonesia mencapai 72%. Adapun, ponsel berharga jual kurang dari Rp500.000 memiliki pangsa pasar 58%.

Pada tahun ini perusahaan mengeluarkan kurang dari 10 model ponsel fitur. Sementara, jumlah ponsel pintar yang sudah diluncurkan sebanyak tiga model, termasuk Tiphone GSM-HOME. Produk teranyar ini merupakan produk telepon rumah (fixed wireless phone) berjaringan GSM.  (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top