PONSEL PINTAR: Menjadi Fokus Bisnis Tiphone Mobile

Erly Rusiawati
Senin, 17 Desember 2012 | 19:48 WIB
Bagikan

JAKARTA -- PT Tiphone Mobile Tbk, penyedia ponsel dan tablet lokal, akan fokus di lini bisnis ponsel pintar pada 2013.  Selama ini perusahaan dikenal sebagai penyedia ponsel fitur.

Vice President Sales & marketing PT Tiphone Mobile Tbk Charles Sigarlaki mengatakan mulai Maret tahun depan perusahaan gencar mengeluarkan ponsel pintar bersistem operasi Android.

"Hingga akhir tahun ini kami menargetkan pendapatan ponsel pintar 10% ke pendapatan perusahaan. Pendapatan dari ponsel fitur memang masih mendominasi," kata Charles kepada Bisnis usai peluncuran Tiphone GSM-HOME, Senin (17/12).

Perusahaan menargetkan total pendapatan perusahaan mencapai Rp8 triliun. Mengutip data Growth for Knowledge (GfK), Charles menyebut pangsa pasar penjualan ponsel pintar di Indonesia sebesar 27%, sisanya ponsel fitur.

Karena pasar ponsel fitur masih lebih besar dari ponsel pintar, perusahaan tetap menggarap ponsel fitur. Perhitungan Charles, penduduk Indonesia yang mayoritas menengah ke bawah lebih cepat menyerap ponsel berharga jual di bawah Rp1 juta. Harga ini mudah ditemui di produk ponsel fitur.

Data GfK per Oktober 2012, pangsa pasar penjualan ponsel berharga jual kurang dari Rp1 juta di pasar Indonesia mencapai 72%. Adapun, ponsel berharga jual kurang dari Rp500.000 memiliki pangsa pasar 58%.

Pada tahun ini perusahaan mengeluarkan kurang dari 10 model ponsel fitur. Sementara, jumlah ponsel pintar yang sudah diluncurkan sebanyak tiga model, termasuk Tiphone GSM-HOME. Produk teranyar ini merupakan produk telepon rumah (fixed wireless phone) berjaringan GSM.  (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Erly Rusiawati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper