PORTAL PERDAGANGAN: IndoTrading Targetkan Rangkul 5.000 UKM

Erly Rusiawati
Minggu, 16 Desember 2012 | 17:38 WIB
Bagikan

JAKARTA – IndoTrading.com, portal perdagangan besutan PT Inovasi Sukses Sentosa, menargetkan merangkul 5.000 usaha kecil dan menengah hingga akhir 2012.

Hingga November 2012, portal yang dimulai sejak Juni 2012 itu sudah mewadahi lebih dari 3.000 UKM. Rata-rata pengunjung situs mencapai lebih dari 150.000 setiap bulan.

Handy Chang, pendiri dan penggagas IndoTrading.com, menuturkan kenaikan jumlah UKM di IndoTrading.com menunjukkan kian tingginya kesadaran pengusaha dan pebisnis dalam berperan via media online.

“Dulu media online dipandang mahal dan sulit diakses. Sekarang pandangan itu berubah. Promosi dan pemasaran melalui media online dianggap lebih efisien, baik dari segi waktu maupun anggaran,” tulis Handy dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Sabtu (15/12/2012).

IndoTrading.com fokus pada UKM yang mengeluarkan produk tidak bergerak cepat dan tidak dapat dijumpai di commerce store. Namun, tidak tertutup kemungkinan bagi produk-produk yang masih sulit diperdagangkan, seperti mesin, alat berat, dan kontruksi bangunan.

“Produk yang bukan consumer goods, seperti jasa atau alat berat, masih sangat jarang go online. Padahal, kebanyakan portal berkonsentrasi di bidang e-commerce, yakni consumer goods yang fast moving,” tutur Handy.

Portal mengusung konsep business to business sehingga hanya pemilik perusahaan yang dapat memasukkan produk ke portal. Dengan begitu, penipuan dapat dicegah dan transaksi berlangsung aman.

Para pelaku usaha dapat saling bertransaksi dengan menggunakan berbagai fasilitas atau tools, seperti pembuatan penawaran secara online (quotation). Ada pula data statistik rinci yang memungkinkan para pemilik perusahaan mengetahui jumlah pembeli, jumlah penelepon, jumlah e-mail masuk, dan jumlah produk yang dilihat. (spr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Erly Rusiawati
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper