INTERNET: Pengguna internat mayoritas anak muda

News Editor
Rabu, 12 Desember 2012 | 18:32 WIB
Bagikan

JAKARTA: Satu survei menyimpulkan pengguna Internet di Indonesia didominasi oleh kelompok usia muda, 12-34 tahun, yang mencapai 64,2%.

Valens Riyadi, Kepala Bidang National Internet Registry APJII, memaparkan survei Profil pengguna dan pengunaan Internet di Indonesia 2012 di Hotel Ritz Cartol, Rabu siang (12/12).

"Pengguna Internet tertinggi terdapat pada kelompok usia 20-24 tahun yang mencapai 15,1% dari populasi," kata Valens.

Pengguna Internet yang berada pada usia di bawah 34 tahun, katanya, disebut sebagai digital natives, generasi yang lahir dan hidup dalam era Internet yang serba terdigitalisasi dan terkoneksi. Kalangan usia tersebut cenderung membentuk tren di dunia maya. Mereka sudah melek Internet dan secara intuitif dapat mengoperasikan berbagai perangkat gadget dengan mudah karena mereka sudah terbiasa menggunakan sejak kecil.

Berbeda dengan pengguna Internet yang berusia di atas 34 tahun. Kelompok itu disebut sebagai digital immigrants yaitu generasi yang mengenal dunia Internet saat mereka dewasa. Kelompok ini kerap merasa harus belajar menyesuaikan diri untuk mengoperasikan gadget, membuat dan menggunakan berbagai perangkat gadget, bagaimana menggunakan e-mail dan jaringan sosial, dan tidak mudah untuk berganti-ganti platform perangkat lunak.

Proses adaptasi menjadi pengguna Internet pada kelompok usia di atas 34 tahun berlangsung lambat dibandingkan para digital natives yang mengenyam teknologi sejak dini.

Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) itu  berlangsung pada April-Juli 2012 di 42 kota di 31 propinsi dengan 2000 responden. Status ekonomi A-9, usia 12-65 tahun, pengguna Internet lebih 1 jam per hari. (arh)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Sumber : Reni Efita Hendry
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper