Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INTERNET: Pengguna internat mayoritas anak muda

JAKARTA: Satu survei menyimpulkan pengguna Internet di Indonesia didominasi oleh kelompok usia muda, 12-34 tahun, yang mencapai 64,2%.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  18:32 WIB

JAKARTA: Satu survei menyimpulkan pengguna Internet di Indonesia didominasi oleh kelompok usia muda, 12-34 tahun, yang mencapai 64,2%.

Valens Riyadi, Kepala Bidang National Internet Registry APJII, memaparkan survei Profil pengguna dan pengunaan Internet di Indonesia 2012 di Hotel Ritz Cartol, Rabu siang (12/12).

"Pengguna Internet tertinggi terdapat pada kelompok usia 20-24 tahun yang mencapai 15,1% dari populasi," kata Valens.

Pengguna Internet yang berada pada usia di bawah 34 tahun, katanya, disebut sebagai digital natives, generasi yang lahir dan hidup dalam era Internet yang serba terdigitalisasi dan terkoneksi. Kalangan usia tersebut cenderung membentuk tren di dunia maya. Mereka sudah melek Internet dan secara intuitif dapat mengoperasikan berbagai perangkat gadget dengan mudah karena mereka sudah terbiasa menggunakan sejak kecil.

Berbeda dengan pengguna Internet yang berusia di atas 34 tahun. Kelompok itu disebut sebagai digital immigrants yaitu generasi yang mengenal dunia Internet saat mereka dewasa. Kelompok ini kerap merasa harus belajar menyesuaikan diri untuk mengoperasikan gadget, membuat dan menggunakan berbagai perangkat gadget, bagaimana menggunakan e-mail dan jaringan sosial, dan tidak mudah untuk berganti-ganti platform perangkat lunak.

Proses adaptasi menjadi pengguna Internet pada kelompok usia di atas 34 tahun berlangsung lambat dibandingkan para digital natives yang mengenyam teknologi sejak dini.

Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) itu  berlangsung pada April-Juli 2012 di 42 kota di 31 propinsi dengan 2000 responden. Status ekonomi A-9, usia 12-65 tahun, pengguna Internet lebih 1 jam per hari. (arh)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Reni Efita Hendry

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top