SISTEM OPERASI: Pasar OSS Mobile Masih Menggeliat

Erly Rusiawati
Minggu, 2 Desember 2012 | 19:14 WIB
Bagikan

JAKARTA-Pasar sistem pendukung operasi (operations support systems/OSS) mobile diperkirakan masih mempertahankan pertumbuhan 3,3% pada 2012 dengan nilai US$9,376 juta.

OSS adalah sistem komputer, peranti lunak, prosedur, dan alat-alat yang digunakan oleh penyedia layanan telekomunikasi untuk menjamin kelancaranan jaringan. ABI Research menilai operator seluler terus mencari cara efisien dalam mengawasi jaringan.

Jake Saunders, VP-forecasting ABI Research mengatakan operator mobile berusaha untuk menyederhanakan arsitektur dan prosedur OSS yang sudah ada. Pada 2011, 2012 dan kemungkinan hingga 2015 akan terlihat manfaat dari penyebaran dan pembaruan 4G.

Pasar OSS mobile kompleks dengan ekosistem peranti lunak TI, vendor infrastruktur telekomunikasi dan sistem integrator.

Operator mobile telah menyadari satu fenomena. Seorang operator memiliki jaringan seluler yang berjalan lancar dan harga layanan yang kompetitif, tapi tingkat churn masih signifikan.

Berdasarkan penyelidikan, operator menemukan bahwa sebagian besar pelanggan meninggalkan jaringan bukan karena adanya keluhan yang spesifik, melainkan karena ketidakpuasan terhadap jaringan. (ilustrasi: cisco.com/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper