Indosat Luncurkan 3G di 900 MHz, Bukittinggi jadi kota pertama

Feni Freycinetia Fitriani
Sabtu, 6 Oktober 2012 | 11:38 WIB
Bagikan
BUKITTINGGI--Indosat hari ini meresmikan jaringan telekomunikasi 3G di frekuensi 900 MHz di wilayah Sumatra Barat. 
 
Indosat merupakan operator pertama di Indonesia yang menerapkan frekuensi 900 Mhz untuk layanan teknologi generasi ketiga atau 3G. 
 
Presiden Direktur dan CEO Indosat Harry Sasongko mengatakan jaringan telekomunikasi 3G 900 MHz memanfaatkan teknologi  UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) yang memungkinkan implementasi 3G di frekuensi 900 MHz. 
 
Di Indonesia, teknologi generasi ketiga, untuk akses data yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 2G, bergerak di jaringan 2,1 GHz. 
 
Harry mengklaim layanan akses Internet ini. memiliki sinyal lebih kuat dan jangkauan yang lebih luas. 
 
"Bukittinggi dipilih sebagai kota pertama karena sektor pendidikan di wilayah ini sangat siap merangkul teknologi yang modern. Selain itu segmen usaha kecil dan menengah juga membutuhkan akses data," ujar Harry, pada acara peresmian 3G 900 MHz, hari ini (6/10/2012). 
 
Tren pergeseran dari layanan suara dan SMS ke layanan data berkecepatan tinggi terus terlihat di Indonesia. Hal ini misalnya ditandai oleh peningkatan akses surat elektronik, jelajah Internet, akses media sosial, dan video streaming 
 
Indosat hari ini juga meluncurkan layanan Indosat Super3G+, akses data dengan kecepatan tinggi dan kuota pemakaian yang lebih besar. 
 
Layanan ini diklaim memiliki kecepatan hingga 7.2Mbps. Kuota terbesar mencapai 7.5GB. Pada uji jaringan bersama media dari Padang ke Bukittinggi, Jumat (5/10/2012), kecepatan downlink mencapai rata-rata 6 Mbps.
(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper