Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KANAL 3G: Tender kanal 11 dan 12 molor lagi

JAKARTA: Lelang kanal 11 dan 12 pita 3G di spektrum 1.900 MHz yang sedianya digelar Juni dipastikan molor karena alasan teknis. 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Mei 2012  |  16:29 WIB

JAKARTA: Lelang kanal 11 dan 12 pita 3G di spektrum 1.900 MHz yang sedianya digelar Juni dipastikan molor karena alasan teknis. 

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo Gatot S. Dewa Broto enggan menyebutkan alsan teknis yang dimaksud, tapi diduga karena belum ditemukannya solusi pembersihan interferensi di kanal 12 dengan sinyal yang dipancarkan PT Smart Telecom."Sepertinya belum ada indikasi akan digelar Juni mas, masih ada beberapa hal teknis yang harus diselesaikan lebih dahulu," ujarnya kep[ada sejumlah wartawan hari ini, 21 Mei 2012.Sebelumnya, tender 3G tahap 3 tersebut sudah molor dari rencana semula yang akan dugelar kuartal I/2012 karena sejumlah alasan nonteknis.Termasuk persoalan hukum yang menimpa Indosat M2, dan masih fokusnya pemerintah pada penyelesaian kasus penyedotan pulsa.Mundurnya kembali jadwal tender sampai waktu yang belum ditentukan diprediksi akan menuai protes dari kalangan operator telekomunikasi. Telkomsel dan XL Axiata sebelumnya gencar mendesak dipercepatnya pelaksanaan tender pita 3G di kanal 11 dan 12. Kedua operator bahkan sudah bersedia untuk membayar harga seperti kanal 3G sebelumnya, sebesar Rp160 miliar. Gatot menuturkan rancangan peraturan Menkominfo (RPM) sudah hampir selesai dan tidak ada kendala yang berarti, termasuk juga dokumen seleksi dan draf Anggota BRTI M. Ridwan Effendi mengatakan konsultasi publik mengenai tender 3G tersebut akan dilakukan begitu RPM mengenai peluang usaha selesai."Kami berharap secepatnya selesai. Belum tentu juga molor, karena saat ini masih dalam penyusunan," katanya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan lelang kanal 11 dan 12 di frekuensi 2,1 GHz digelar pertengahan tahun ini.  (ra)

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Arif Pitoyo

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top