SITUS BELANJA: Rakuten targetkan jaring 30 pedagang lokal

 
Erly Rusiawati | 26 April 2012 19:41 WIB

 

 

JAKARTA: Situs belanja online Rakuten targetkan dapat menjaring 20 hingga 30 pedagang lokal saban bulan untuk masuk berjualan di situsnya.

 

Direktur PT Rakuten - MNC Reino Ramaputra Barack mengatakan perusahaan fokus menjaring usaha kecil dan menegah (UKM) untuk memasarkan produknya via Rakuten. UKM yang disasar tidak tersegmentasi di satu bidang, melainkan di berbagai bidang, mulai gadget, fesyen, hingga makanan dan minuman.

 

“Kami berbeda dari e-commerce lain. Bila e-commerce lain sekadar memasukkan pedagang ke situsnya, Rakuten lebih dari itu. Kami punya model pemberdayaan pedagang melalui Konsultan E-commerce,” katanya hari ini, Kamis, 26 April 2012.

 

Lewat model itu, pedagang diajak berkonsultasi, memaparkan bisnis dan masalah-masalahnya. Hingga saat ini, Rakuten yang telah berjalan sejak Juni 2011 telah meraup 3.000 pedagang yang menawarkan 200.000 produk.

 

Semakin banyak perusahaan menjaring pelanggan, perusahaan kian meningkatkan pertumbuhan pendapatan. Reino menjelaskan perusahaan punya dua sumber pendapatan, yakni biaya sewa dan biaya transaksi.

 

Untuk meningkatkan keuntungan, menurutnya, pedagang harus gencar mempromosikan barang dagangannya. Caranya, pedagang tinggal menulis kalimat-kalimat promosi yang mendeskripsikan produknya secara rinci.

 

Dengan menggandeng lebih banyak pedagang, perusahaan hendak meningkatkan trafik transaksi. Saban hari Rakuten Belanja Online kedatangan 100 transaksi per hari. Kebanyakan transaksi membeli gadget, sekitar 60% dari total transaksi. Sisanya, fesyen, makanan dan minuman, buku, dan kosmetik. (msb)

 

Sumber : Gloria Natalia Dolorosa

Tag :
Editor : Novita Sari Simamora

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top